Badan Independen Wasit Jalin Kerja Sama Dengan The FA England Dan Jepang

Untuk memastikan setiap wasit yang memimpin pertandingan di tanah air bisa menjalankan tugasnya sesuai dengan aturan, PSSI membentuk Badan Independen Wasit Profesional Indonesia yang nantinya akan bekerja sama dengan The FA England melalui PGMOL (Professional Game Match Officials Limited) dan JFA (Japan Football Association).

Badan ini rencananya akan dipimpin oleh Direktur Teknik Perwasitan dari The FA England. Program ini merupakan bagian dari PSSI FIFA Forward Programme dan PSSI-FIFA-AFC Match Fixing Combat Plan yang mengacu pada referensi PGMOL (Professional Game Match Officials Limited) di The FA Inggris.

Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria mengatakan Badan Independen Wasit Profesional Indonesia adalah sebuah badan di dalam PSSI yang bersifat independen untuk melakukan fungsi peningkatan performa dan manajemen operasional bagi wasit pada level Liga Profesional.

“Badan Independen Wasit Profesional Indonesia bersifat independen dan profesional sesuai dengan fungsi kerja yang telah diatur. Nantinya tugas dan fungsi badan ini seperti melakukan penilaian performa, pengawasan, serta edukasi kepada wasit. Lalu teknis dan prosedur penugasan wasit, manajemen database, dan kepatuhan regulasi dan sistem audit,” kata Ratu Tisha seperti dilansir laman resmi pssi.

Dalam beberapa tahun terakhkir, kepemimpinan para pengadil lapangan di sepak bola Indonesia memang masih cukup sering mendapat sorotan. Beberapa keputusan kontroversial kerap dilakukan pasukan berbaju kuning itu kala memimpin sebuah pertandingan.

Untuk itu, PSSI terus berupaya memperbanyak jumlah wasit, membuat kebijakan dan regulasi untuk peningkatan kualitas wasit muda PSSI menuju target jangka pendek 2024 dan jangka panjang 2034.