Minimalisir Hukuman Kartu, Tira Persikabo Fokus Perbaiki Mental Bertanding

Pascalaga kontra Persebaya dalam babak 8 besar Piala Presiden 2019 di Stadion Gelora Bung Tomo, Jumat (29/3/2019), Tira Persikabo mendapatkan pandangan miring. Pasalnya, dua pemainnya mendapatkan kartu merah di partai tersebut.

Adalah Rifad Marasabesy dan kapten Manahati Lestusen dua sosok yang dimaksud. Rifad, bek muda kelahiran Tulehu 19 tahun silam itu diganjar kartu merah karena melakukan protes berlebihan kepada wasit Handri Kristanto.

Ia bahkan sampai mengejar-ngejar wasit di dalam lapangan dan tertangkap kamera sempat mengacungkan jari tengah terhadap wasit.

Sementara Manahati mendapatkan hukuman kartu merah karena menanduk salah satu pemain Persebaya. Dua kartu merah itu mewarnai kekalahan Tira 1-3 dari Persebaya.

Tak mau kondisi tersebut terulang di Liga 1 2019, pelatih Tira, Rahmad Darmawan, fokus membenahi masalah itu. Pelatih yang membawa Indonesia meraih perak di SEA Games 2011 dan 2013 itu ingin agar pemainnya bisa lebih baik dalam menahan emosi.

“Kami tak hanya memperbaiki sisi teknisnya saja, tapi menyiapkan mental yang kuat juga kami lakukan. Fokus ke mental untuk menjadi solusi masalah seperti itu (pemain emosional),” kata Rahmad kepada Bolalob.