Persis Solo Vs Sriwijaya FC Digelar Tertutup

Laga uji coba antara Persis Solo melawan Sriwijaya FC akhirnya diselenggarakan secara tertutup di lapangan sepak bola Lanud Adi Soemarmo, Colomadu, Karanganyar, Jumat (3/5/2019). Kebijakan tersebut diambil setelah panitia penyelenggara (panpel) Persis gagal mendapatkan izin dari kepolisian.

Laga uji coba sesama tim yang akan berlaga di Liga 2 Indonesia musim 2019 tersebut mulanya akan dilakukan di Stadion Wilis, Kota Madiun. Kemudian, karena berbagai pertimbangan, lokasi pertandingan dipindah ke Stadion Trikoyo, Klaten. Namun, pihak kepolisian di kedua lokasi akhirnya tak memberi lampu hijau.

Laga itu tetap digelar karena menjadi agenda dari pelatih dan manajemen kedua belah tim. Keduanya kemudian sepakat mengadakan pertandingan persahabatan di lapangan Lanud Adi Soemarmo.

Manajer Persis, Setiawan Muhammad, menjelaskan pihaknya telah berusaha mengurus izin kepolisian. Namun, mereka tetap tak bisa mendapat izin pertandingan dengan kehadiran penonton dari kepolisian. “Akhirnya di lapangan Lanud Adi Soemarmo,” ujarnya melalui pesan Whatsapp kepada Solopos.com, Rabu (1/5/2019).

Konsekuensinya, Pasoepati, Surakartans, maupun masyarakat umum tak bisa menonton penampilan Tegar Hening Pangestu dkk. Padahal, sebagian suporter telah mempersiapkan diri mendukung Laskar Sambernyawa. “Kalau di kompleks militer kan memang enggak bolah ada suporter,” sambung manajer yang akrab disapa Iwan tersebut.

Sementara itu, Pelatih Persis, Agus Yuwono (AY), hingga Rabu sore belum mendapat informasi kepastian lokasi pertandingan kontra Sriwijaya FC. Pelatih asal Malang itu mengungkapkan Persis menjalani latihan seperti biasa untuk bersiap menghadapi persaingan Liga 2 Indonesia musim 2019.

“Kami persiapan untuk menghadapi kompetisi, bukan hanya untuk menghadapi Sriwijaya FC di partai uji coba,” ungkapnya saat dihubungi Solopos.com.

Menurutnya, kondisi tim semakin meningkat. Ia telah memberikan materi strategi karena mereka telah memasuki situasi kompetitif. Lebih lanjut, pihaknya telah melakukan evaluasi atas pertandingan melawan Persik Kediri, Sabtu (27/4/2019) lalu.

Ia menyatakan pada laga uji coba selanjutnya, ia bisa memasang Jodi Kustiawan yang absen sebelumnya karena urusan pribadi. “Kita lihat saja siapa saja yang akan masuk starting line up,” tutur dia.