Kejar Tayang, Liga 1 Bisa Bentrok dengan SEA Games

Liga 1 musim 2019 bakal kejar tayang. Sebanyak 612 pertandingan harus selesai hingga akhir 2019 nanti dan artinya kompetisi harus selesai dalam kurun waktu maksimal tujuh bulan.

Kompetisi juga nantinya akan terpotong libur Idul Fitri dan Idul Adha. Jadi, waktu efektif sebenarnya hanya enam bulan, karena Liga 1 baru dimulai pada 15 Meit 2019 nanti.

Manajer Kompetisi LIB, Asep Saputra, menyatakan masih mematangkan jadwal kompetisi. Pematangan jadwal diperlukan agar ada sinkronisasi antara kompetisi dengan FIFA Matchday.

Lalu, bagaimana dengan SEA Games 2019, apakah masuk dalam pertimbangan dalam pembuatan jadwal?

Sejatinya, SEA Games hanya turnamen regional yang tak masuk dalam FIFA Matchday. Artinya, SEA Games belum masuk dalam perhitungan pembuatan jadwal.

“Sinkronisasi sebenarnya yang penting adalah dengan FIFA Matchday. Di sana tidak ada pertandingan. Kemudian, libur besar nasional seperti Idul Fitri, Idul Adha, juga tak ada pertandingan,” kata Asep kepada VIVA, Senin 29 April 2019.

Dengan demikian, Liga 1 bisa saja berjalan terus saat SEA Games digelar. Berat, menurut Asep, jika kompetisi dihentikan sementara karena SEA Games.

Meski nantinya, akan banyak klub yang kehilangan pemain karena berlaga untuk Timnas Indonesia U-23. Namun, Asep menyatakan keputusan mengenai Liga 1 yang terus berjalan saat SEA Games sifatnya belum final.

“Kalau jadwal SEA Games sudah keluar akan kami sikapi lagi,” jelasnya.