Rapor Ivan Kolev di Persija Jakarta Mulai Merah

RAPOR Pelatih Ivan Kolev di Persija Jakarta mulai merah.

Setelah memperlihatkan penampilan menjanjikan bersama Macan Kemayoran, kini performa tim asuhan Kolev mulai menurun.

Persija sudah meraih lima kekalahan, tiga di antaranya terjadi secara beruntun di bulan April.

Kolev resmi mulai menangani Persija Jakarta pada 15 Januari lalu. Pelatih asal Bulgaria ini menggantikan Alessandro Stefano Cugurra Rodrigues alias Teco yang hengkang ke Bali United.

Kolev menandai debut perdananya bersama Macan Kemayoran dengan menoreh kemenangan besar saat melawan 757 Kepri Jaya di babak 32 besar Piala Indonesia, 23 Januari lalu.

Kala itu, Persija menang dengan skor 8-2 di laga pertama, kemudian bermain imbang 1-1 di laga kedua. Hasil tersebut membuat Persija melaju ke babak 16 besar.

Di bulan berikutnya, Februari 2019, performa Persija masih cukup bagus.

Dari lima pertandingan yang dilakoni, tim besutan Ivan Kolev ini hanya kalah satu kali dari Newcastle Jets di play-off Liga Champions Asia 2019 dengan skor 3-1.

Sebelumnya, mereka terlebih dahulu menyingkirkan tim asal Singapura, Home United. Di bulan Maret, mantan pelatih PS Tira ini masih mampu menjaga performa timnya denga meraih hasil positif meski harus menjalani jadwal padat.

Dari lima pertandingan, Persija meraih tiga kali kemenangan, sekali kali imbang, dan sekali kekalahan.

Yakni, menang atas PSS Sleman (fase grup Piala Presiden), menang atas Borneo FC (fase grup Piala Presiden), menang atas Shan United (Myanmar/Grup G Piala AFC 2019), bermain imbang kontra Madura United (fase grup Piala Prsiden) dan kalah dari Kalteng Putra (babak 16 besar Piala Presiden).

Kekalahan dari Kalteng harus dibayar mahal, karena mereka tersingkir dari Piala Presiden 2019.

Macan Kemayoran takluk dari Kalteng melalui adu penalti 3-4 setelah bermain imbang 1-1 di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi pada Kamis (28/3/2019).

Performa Persija mulai menurun di bulan April ini. Faktor kelelahan karena jadwal padat, disinyalir menjadi salah satu penyebab rentetan hasil buruk tersebut.

Sejauh ini, Persija sudah menjalani empat pertandingan tanpa satu pun kemenangan. Bambang Pamungkas cs justru kalah beruntun.

Persija takluk dari Ceres Negros dengan skor 1-0 di Grup Piala AFC 2019, kemudian di pertemuan kedua di Stadion Utama Gelora Bung Karno juga kalah dengan skor 2-3, dan yang terbaru kalah dari Bali United dengan skor 1-2 di leg pertama perempat final Piala Indonesia.

Persija pun dalam kondisi terjepit akibat hasil buruk tersebut. Setelah gagal mempertahankan gelar Piala Presiden 2019, peluang mereka untuk lolos dari Grup G Piala AFC 2019 juga menipis. Demikian juga di Piala Indonesia.

Di Piala AFC, satu-satunya cara untuk lolos adalah meraih kemenangan besar di laga terakhir, melawan Becamex Binh Duong (Vietnam) pada 1 Mei 2019 nanti, sehingga lolos dengan menempati posisi sebagai peringkat kedua terbaik.

Di Piala Indonesia, Persija wajib menang atas Bali United di leg kedua nanti pada 4 Mei 2019 nanti.

Menanggapi situasi ini, Kolev mengatakan, dia akan berusaha memperbaiki kinerja timnya.

Ia yakin, anak-anak asuhnya akan segera bangkit dan lebih baik lagi ke depannya.

Kolev menegaskan, dia enggan lempar handuk dalam mengejar kelolosan timnya ke semifinal Piala Indonesia 2019 dan di Fase Grup G Piala AFC 2019.

Ia menyebutkan, timnya masih berpeluang untuk lolos di kedua even itu, meski di Piala AFC diakuinya sedikit sulit.

Khusus di Piala Indonesia, timnya hanya butuh minimal mencetak satu gol dan tidak kebobolan ketika bermain di kandang.

“Kalian tahu mental Persija. Kami kalau main di rumah pasti menyerang terus. Hanya saja, problem kami dalam 15 hari ada lima game dan itu susah sekali, Tapi, kami akan kembali dan akan prima di laga berikutnya,” ujarnya.