Bakal Lepas Saham ke Lantai Bursa, Bali United Jadi Klub Pertama yang ‘Go Public’ di Asia Tenggara

Langkah strategis diambil oleh manajemen Bali United untuk masuk ke bursa saham.

Upaya ini sekaligus mencatatkan nama Bali United sebagai klub pertama di Asia Tenggara yang go public.

Hal ini tentu saja menjadi angin segar bagi klub yang bermarkas di Pulau Bali tersebut .

Dikutip Tribun Bali dari Kompas.com, Bali United akan melakukan sebuah terebosan dengan masuk ke bursa saham.

PT Bali Bintang Sejahtera sebagai perusahaan yang memayungi Bali United berencana melepas sebanyak dua miliar sahamnya atau sebesar 33,33 persen dari jumlah modal ditempatkan dan disetorkan.

Dalam waktu dekat, PT Bali Bintang Sejahtera akan memasuki proses penawaran umum perdana saham (initial public offering/IPO).

Saham perseroan Bali United rencananya ditawarkan dengan kisaran harga penawaran antara Rp 155 – Rp 175 per saham.

Perseroan berencana menggunakan sekitar 60,5 persen dari hasil IPO untuk modal kerja perseroan (working capital), lalu 20,4 persennya untuk memperkuat struktur permodalan ke entitas anak perusahaan, dan sisanya, 19,1 persen untuk belanja modal (capital expenditure).

Bali United pun akan menjadi klub sepak bola profesional pertama di Asia Tenggara yang go public apabila proses IPO berjalan mulus dan sesuai rencana.

Dalam acara penyampaian rencana IPO perseroan Bali United di Gianyar, Jumat (26/4/2019), CEO Yabes Tanuri, pelepasan sebagaian saham bertujuan untuk melibatkan masyarakat untuk memiliki Bali United.

“Bali United bukan hanya klub sepak bola. Kami ingin Bali United menjadi perusahaan yang memberikan terobosan dalam industri sport dan entertainment,” kata Yabes.

Dalam acara tersebut hadir pula Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Desria, Komisaris PT Liga Indonesia Baru (LIB), Gusti Randa serta CEO Persija Jakarta, Ferry Paulus.

Tisha menilai Bali United telah melakukan terobosan dalam pengembangan olah raga dan industri sepak bola di Indonesia.

“Ini menjadi kado termanis bagi PSSI dalam ulang tahunnya ke-89 ini,” kata Tisha.