Status Otavio Dutra Belum Jelas, Djanur Bimbang

Persebaya Surabaya belum bergerak untuk berburu pemain asing baru, padahal pendaftaran pemain akan ditutup dalam waktu dekat. Klub kebanggaan Kota Pahlawan ini masih menunggu kejelasan status Otavio Dutra.

Seperti diketahui, Otavio Dutra tengah berjuang untuk menjadi Warga Negara Indonesia. Namun proses naturalisasinya tak kunjung beres. Kondisi itu berdampak terhadap rencana Persebaya menambah pemain asing.

“Belum ada (calon), makanya itu kami belum bergerak karena memang belum jelas,” ungkap pelatih Persebaya, Djadjang Nurdjaman, Sabtu (27/4).

Menurut pelatih yang akrab disapa Djanur tersebut, proses naturalsiasi Dutra memang belum jelas. Kepergian Dutra ke Jakarta beberapa waktu lalu pun belum membuahkan hasil.

“Tapi kelihatannya bukan hanya Dutra yang lagi mengurus opsi seperti itu (natruralisasi). Fabiano (Beltrame) dan yang lain masih sama statusnya,” sambungnya.

Sementara itu, menurut keterangan Otavio Dutra dalam kesempatan yang lain, salah satu yang menghambat proses naturalisasinya adalah karena adanya berkas yang belum ditandatangani Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly.

Namun jika status Dutra sudah jelas, Djanur menegaskan bahwa Persebaya tidak akan menyerah untuk mencari tambahan pemain asing meski waktu yang dimiliki cukup mepet.

“Kalau memang misalnya Dutra tidak deal, gak jadi pemain lokal, kami tidak nyari. Tapi misal dalam waktu dekat menjelang tanggal 9 Mei, (ada kejelasan) ya kami coba untuk mencari,” tegasnya.

Pemain asing yang dibutuhkan oleh Persebaya adalah seorang gelandang. Tim kebanggaan Arek Suroboyo itu kekurangan pemain lini tengah, terutama dengan tipikal bertahan.