PSSI Bicara Soal Naturalisasi Sandy Walsh

PSSI melalui Ratu Tisha Destria bicara soal rumor naturalisasi dari pemain berdarah Belgia, Sandy Walsh. Kabar ini muncul seiring keinginan dari pemain tersebut untuk menjadi Warga Negara Indonesia.

Pelatih timnas Indonesia, Simon McMenemy, juga tidak menepis peluang untuk Sandy mendapat panggilan darinya jika sudah menjadi WNI. Namun, Tisha coba meluruskan soal proses naturalisasi tersebut.

“Setiap orang yang memenuhi syarat pindah kewarganegaraan, ingin pindah kewarganegaraan jadi warga Indonesia, itu silakan karena ada prosesnya sendiri,” buka wanita yang menjabat sekretatis jenderal itu.

“Yang jelas, yang PSSI lakukan adalah jika kami membutuhkan striker misalnya, gelandang, terus kami mencari bisa dijadikan warga negara, bukan seperti itu,” tegas Tisha menambahkan.

“Yang jelas, kalau ingin jadi WNI, bukan ingin masuk timnas. Ini beda. Setiap orang silakan menempuh prosesnya dengan baik, perkara nanti ingin masuk timnas, itu kewenangan ada di pelatih.”

Tisha pun memastikan bahwa PSSI tidak mencari pemain dari luar negeri yang memiliki hubungan darah Indonesia untuk sengaja dinaturalisasi demi kebutuhan timnas. Hal itu berlaku pada Sandy.