Sempat Unggul Dua Gol, Persija Kalah Dari Ceres di GBK

Persija Jakarta tumbang di markas mereka sendiri, Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, ketika menghadapi Ceres Negros, pada laga keempat Grup G Piala AFC 2019, Selasa (23/4) petang.

Kekalahan ini membuat jalan Persija untuk lolos ke babak berikutnya sangat berat. Sementara Ceres sudah dipastikan mengunci tiket ke fase selanjutnya, karena telah mengemas 12 poin sempurna.

Babak Pertama

Bertindak sebagai tuan rumah, Persija bermain menyerang demi bisa mengamankan kemenangan. Pertahanan dari tim tamu, Ceres, tak sembarang bisa ditembus. Sepuluh menit pertama mereka nampak solid.

Ronald Muller di bawah mistar Ceres juga tampil tenang dan apik, peluang emas dari Novri Setiawan melalui bola mati mampu dimentahkannya. Sementara Ceres masih lamban untuk membuka serangan mereka.

Sandi Sute dijegal di kotak penalti Ceres, wasit pun menunjuk titik putih. Sayangnya, Bruno Matos yang jadi eksekutor menjalankan tugasnya dengan buruk, bola terlalu lemah dan terbaca untuk ditepis oleh Muller.

Setengah jam laga berjalan, Persija malah lebih sering ditekan. Permainan tim ibu kota agak menurun selepas gagalnya penalti dari Matos. Babak pertama akhirnya harus selesai dengan skor imbang tanpa gol.

Babak Kedua

Segar dan lebih gahar, begitu permainan Persija selepas rehat pertandingan. Gol pun akhirnya menghampiri Persija pada menit ke-49 lewat Sandi Sute — yang menyundul bola hasil tendangan bebas Ismed Sofyan.

Menit 60′ Persija sukses menggandakan keunggulan. Lagi-lagi berawal dari tendangan bebas Ismed, yang kemudian disundul Novri, lalu dikejar Bruno Matos untuk kemudian menceploskannya ke gawang. 2-0.

Sudah unggul dua gol, kewaspadaan Persija menurun. Hasilnya Ceres mampu memperkecil kedudukan melalui tendangan bebas Miguel Tanton yang melengkung tajam ke tiang jauh, tanpa terbaca. 2-1, menit 70′.

Gol Miguel membuat Ceres tambah semangat mengejar ketertinggalan, sampai-sampai Mahir Karic harus dikartu kuning oleh wasit, karena dinilai melakukan diving di kotak penalti. Persija dalam kondisi tertekan.

Pertahanan Persija begitu rapuh dan seakan kehabisan energi, Ceres berhasil menyamakan kedudukan menit 85′ melalui sundulan Bienvenido Morejon, yang menerima umpan bagus dari Stephan Schrock di sisi kiri.

Petaka untuk Persija, Ceres akhirnya mampu mencetak gol pada pengujung laga melalui Mike Ott yang menerima umpan dari Schrock. Lini belakang Persija begitu hancur, dan akhirnya laga berakhir dengan skor, 3-2 untuk Ceres.

Susunan Pemain

Persija: Andritany Ardhiyasa; Ismed Sofyan, Maman Abdurrahman, Ryuji Utomo, Dany Saputra; Rohit Chand, Sandi Sute, Ramdani Lestaluhu; Riko Simanjuntak, Bruno Matos, Novri Setiawan.

Ceres: Ronald Muller; Manuel Herrera, Carlos Alberto, Alvaro Silva, Martin Steuble; Mike Rigoberto, Kevin Ingreso, Jose Porteria, Omid David Nazari; Bienvenido Maranon, Stephan Schrock