Lewat Piala Pertiwi 2019, Saatnya Pesepak Bola Putri Berlaga

Setelah mempersiapkan wadah kompetisi untuk pesepak bola putra, Piala Presiden, Elite Pro Academy U-16, dan Piala Indonesia, pekan ini PSSI akan menggelar wadah untuk pesepak bola putri.

Dengan label Piala Pertiwi, turnamen untuk wanita itu akan menggelar putaran final pada 24 April 2019. Sebanyak 10 tim, Jawa Timur, Banten, Jawa Barat, Bengkulu, Bali, DKI Jakarta, Papua, Sumatera Utara, Sulawesi Selatan, dan Bangka Belitung akan berlaga secara langsung di putaran final.

Sementara empat tim lainnya, D.I Yogyakarta, Jawa Tengah, Nusa Tenggara Barat,dan Sumatera Selatan, akan bertarung dari babak playoff.
Babak playoff akan berlangsung di Lapangan Sawangan, Depok, pada 21-23 April 2019.

Nantinya dua tim terbaik dari babak playoff akan menggenapkan 12 tim di putaran final. Dalam pertandingan yang berlangsung 32 x 30 menit plus waktu jeda 10 menit, putaran final akan terbagi dalam tiga grup.

“Kami berharap dengan bergulirnya kompetisi ini nantinya bisa memberikan kesempatan bagi para pemain sepak bola wanita memiliki wadah bermain secara reguler dengan tentunya menjaga kualitas kompetisi,” tutur Danurwindo, Direktur Teknik PSSI.

“Dengan makin banyaknya kompetisi sepak bola wanita yang bagus kedepannya, pemain wanita kita juga terasah kemampuannya. Hal ini bisa membantu klub dan sebagai muara kerangka pembentukan tim nasional sepak bola wanita di masa mendatang. Selain itu, para pemain sepak bola wanita dituntut kemampuan, teknik, skill, kecerdasan, dan fairplay sejak dini,” tutur Danurwindo melanjutkan.

Jadwal Playoff Piala Pertiwi 2019:

21 April 2019, Lapangan Sawangan, Depok
D.I Yogyakarta vs Sumatera Selatan Pukul 14.00 WIB
Jawa Tengah vs Nusa Tenggara Barat Pukul 16.00 WIB

22 April 2019, Lapangan Sawangan, Depok
Sumatera Selatan vs Jawa Tengah Pukul 14.00 WIB
D.I Yogyakarta vs Nusa Tenggara Barat Pukul 16.00 WIB

23 April 2019, Lapangan Sawangan, Depok
Sumatera Selatan vs Nusa Tenggara Barat Pukul 14.00 WIB
Jawa Tengah vs D.I Yogyakarta Pukul 16.00 WIB