Seolah Menari-nari, Wiljam Pluim Dipuji di Ranah Asia

Setelah 14 tahun vakum dari pentas sepak bola antarbangsa, PSM kembali beredar pada tahun ini. Di Piala AFC 2019, tim berjulukan Juku Eja itu tengah berjuang di Grup H Zona Asia Tenggara.

Dari empat laga yang sudah dijalani, hasil yang dicapai tim besutan Darije Kalezic itu cukup oke. Mereka kini berada di puncak klasemen dengan rapor dua kali menang dan dua kali imbang.

Tak berhenti sampai di situ, dari sisi individu pemain, PSM cukup dipandang. Selain Eero Markanen yang sedang memimpin daftar top skor di Piala AFC 2019 dengan lima gol, masih ada satu nama lain.

Adalah kapten sekaligus gelandang PSM, Wiljan Pluim. Mengacu pada laga vs Kaya FC-Iloilo (17/4/2019), media asing berbasis Asia, FOX Sports Asia memasukkan Pluim sebagai salah satu pemain terbaik di Piala AFC 2019 zona Asia Tenggara.

Menurut mereka, Pluim bermain sangat apik layaknya nyawa PSM. Pemain asal Belanda itu pun dimasukkan dalam enam pemain terbaik versi FOZ Sports Asia.

“Dia menunjukkan keterampilan yang sangat baik untuk menari-nari di kotak penalti, memotong bola, dan memberikan umpan silang indah kepada Pellu (Rizky),” tulis FOX Sports Asia.

Meski tak mencetak gol, di laga itu Pluim memang tampil menawan. Salah satunya tentu aksi mengolah bola di kota penalti Kaya yang berujung pada sepakan lambung terukur yang menjadi assist untuk Pellu.

Selain Pluim, lima pemain lainnya adalah Victor Mansaray (Becamex Binh Duong), Min Kyaw Khant (Yangon United), Pape Omar Faye (Hanoi FC), Jordan Webb (Tampines Rovers), dan Song Ui-young (Home United).