Disambangi PT LIB, PSM Diminta Segera Benahi Pencahayaan Mattoangin

PT Liga Indonesia Baru (LIB) kembali melakukan verifikasi terhadap markas PSM Makassar, Stadion Andi Mattalata. Hal ini adalah agenda rutin operator kompetisi menjelang bergulirnya Liga 1 2019.

Salah satu anggota verifikator PT LIB, Somad, menyatakan bahwa salah satu fokus pengecekkan di Stadion Andi Mattalata adalah pencahayaan. Masalah ini memang hampir setiap tahun menerpa venue yang dikenal luas dengan nama Mattoangin tersebut.

“PSM berencana membenahi lampu-lampu stadion dalam waktu dekat ini. Jadi kami tunggu kapan selesainya. Kalau mereka bilang sudah siap, baru kami datang lagi,” ujar Somad, Jumat (19/4/19) kemarin.

Sekadar mengingatkan, standar lampu yang ditetapkan PT. LIB sebesar 800 lux, sementara Andi Mattalata sendiri hanya berada pada kisaran 603 lux sesuai data PT LIB pada tahun lalu.

Selain masalah penerangan, tim verifikator juga mengecek beberapa fasilitas stadion, mulai dari ruang ganti hingga kontur tanah dan kualitas rumput lapangan, yang rupanya cukup bagus dan dianggap sudah memenuhi standar. 

“Lapangan stadion Mattoanging baik, permukaannya tidak keras atau lembek seperti dua atau tiga tahun lalu. Saya percaya lapangan ini terawat,” ujarnya.

Adapun untuk fasilitas di ruang ganti, menurut Somad, masih ada beberapa yang perlu dibenahi oleh manajemen PSM meski diakui tak begitu signifikan atau berpengaruh terhadap pertandingan Liga 1.

“Ruang ganti sebenarnya tidak ada masalah, cuma fasilitas kecil-kecil yang perlu dilengkapi, seperti kulkas. Tak ada banyak kendala terkait ruangan karena teman-teman dari PSM juga tahu apa yang harus mereka lakukan,” tandasnya.