PSSI Mau Tambah Liga Kelompok Umur

PSSI berencana menambah kompetisi usia dini dengan menggelar Liga U-14 pada 2020 untuk melengkapi jenjang yang sudah ada saat ini. Hal itu diungkapkan Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria kemarin di Bandung.

Saat ini PSSI sudah mempunyai tiga kompetisi kelompok umur yang bersinergi dengan Liga 1, yakni Liga U-16, U-18, dan U-20. Ratu Tisha mengatakan, dengan digelar Liga U-14, kompetisi berjenjang di Indonesia makin lengkap.

“Tahun ini, kami akan menggelar tiga kompetisi kelompok umur yang bersinergi dengan klub Liga 1. Sementara dengan Asprov [asosiasi provinsi], kami juga memutar Piala Soeratin untuk kelompok Umur U-13, U-15 dan U-17,” kata Ratu Tisha dilansir laman resmi PSSI.

“Dengan memiliki Liga di kelompok umur, pembinaan bisa dilakukan secara kontinyu dan berjenjang. Kompetisi ini akan membantu klub untuk mempersiapkan pemain-pemain masa depan.”

Sementara itu, pembukaan Elite Pro Academy U-16 dilakukan secara sederhana. Kompetisi ini diikuti 18 klub Liga 1 2019, dan dibagi ke dalam tiga grup dengan format kandang-tandang. Sedangkan Grup C memakai sistem home tournament.

Berikut Pembagian Grup Elite Pro Academy Liga 1 U-16 2019:

Grup A: PS Tira, Perseru, PSIS, PSS, Persija, Semen Padang.
Grup B: Bhayangkara FC, Persela, Madura United, Arema FC, Persib, Barito Putera.
Grup C: Kalteng Putera, PSM, Bali United, Borneo FC, Persebaya, Persipura.