Hamka Hamzah Ingin Jadi Sosok Panutan Bagi Pemain Muda Indonesia

Bek sekaligus kapten Arema FC, Hamka Hamzah keluar sebagai pemain terbaik ajang Piala Presiden 2019, setelah membawa timnya juara dengan mengalahkan Persebaya Surabaya dengan skor agregat 4-2. Di leg kedua yang digelar di Stadion Kanjuruhan, Malang pada Jumat (12/4/2019) malam, Arema menang 2-0 melalui gol dari Nur Hardianto dan Ricky Kayame.

Pemain berusia 35 tahun itu mendobrak tradisi dan mengalahkan sejumlah pemain yang masuk ke nominasi seperti Makan Konate, Dedik Setiawan, Riky Kayame dari Arema, serta Manucheckhr Dzhalilov, Amido Balde, dan Hansamu Yama Pranata dari Persebaya.

Hamka ingin menjadikan gelar yang ia raih ini sebagai lecutan bagi para pemain muda lain. Ini juga menjadi pembuktian baginya bahwa usia bukan halangan untuk tampil di kompetisi tertinggi di Indonesia.

“Saya hanya ingin menunjukkan bahwa di usia 35 tahun ini saya belum habis,” katanya saat konferensi pers.

“Jujur, bermain dua hari pada usia 35 tahun ini sangat melelahkan. Saya sudah berusaha menjaga kondisi tapi tetap saja masih kewalahan,” tutur Hamka.

“Penghargaan pemain terbaik ini publik yang nilai. Semoga bisa menjadi contoh bagi pemain-pemain muda di Indonesia,” pungkasnya.

Hamka yangmencetak dua gol di turnamen ini meraih trofi plus uang sebesar Rp250 juta.