Tepat Berusia 89 Tahun, PSSI Gelar Kick-off Elite Pro Academy U-16 2019 di Bandung

PSSI akan genap berusia 89 tahun pada Jumat (19/4/2019). Sebagai bagian dari peringatan hari jadi tersebut, PSSI menggelar kompetisi Elite Pro Academy Liga 1 U-16 2019 yang akan dimulai tepat pada hari yang sama dengan hari jadi tersebut.

Sebanyak enam laga akan digelar serentak yakni, PS Tira versus Perseru, PSIS lawan PSS, Persija lawan Semen Padang, Bhayangkara versus Persela, Madura United lawan Arema FC, dan Persib versus Barito Putera.

Salah satu kompetisi bergengsi usia muda ini memasuki tahun kedua usai tahun lalu sukses digelar. Pada edisi perdana tahun 2018, Persib Bandung sukses menjadi kampiun.

Direktur Teknik PSSI, Danurwindo, mengatakan bahwa kompetisi ini nantinya bukan hanya untuk kepentingan PSSI. Tapi juga kepentingan klub untuk mempersiapkan pemain-pemain masa depan.

“Selain Liga 1 U-16 tahun ini kami juga menghelat Liga 1 U-18 dan U-20. Kami harap nantinya kualitas kompetisi di level utama akan lebih meningkat karena sudah dipersiapkan semenjak usia muda,” kata Danurwindo.

“Dengan semakin banyaknya kompetisi usia muda menjadi hal yang bagus untuk PSSI kedepannya. Pemain juga terasah sejak usia muda karena mereka dituntut kemampuan, teknik, skill, kecerdasan, dan fairplay,” jelas Danurwindo.

Kompetisi Elite Pro Academy Liga 1 U-16 diikuti 18 tim peserta Liga 1 2019 dibagi dalam tiga grup dengan format bertemu semua alias home and away, yakni dua kali kandang dan tandang. Khusus grup C akan menggunakan format home tournament.

PSSI direncanakan akan membuka kompetisi ini pada laga Persib Bandung melawan Barito Putera di Stadion Arcamanik, Bandung, Jumat (19/4) mendatang.

Pembagian Grup Elite Pro Academy Liga 1 U-16 2019

Grup A: PS Tira, Perseru, PSIS, PSS, Persija, Semen Padang

Grup B: Bhayangkara FC, Persela, Madura United, Arema FC, Persib, Barito Putera

Grup C: Kalteng Putera, PSM, Bali United, Borneo FC, Persebaya, Persipura