PSSI Hanya Kontrak Pelatih Timnas Indonesia Satu Tahun

Federasi Sepakbola Indonesia (PSSI) hanya memberikan kontrak berdurasi satu tahun kepada pelatih Timnas U-16 dan 18. Dua sosok yang akan menempati posisi itu adalah Bima Sakti di U-16 dan Fakhri Husaini di U-19.

Target terdekat kedua pelatih itu adalah di ajang Piala AFF U-16 dan juga U-19 serta kualifikasi Piala Asiapada tahun ini.

Tim nasional U-19 Indonesia tergabung di Grup A pada Piala AFF U-19 2019 yang akan digelar di Vietnam pada 5-19 Agustus 2019. Timnas U-19 Indonesia akan bersaing dengan Myanmar, Laos, Filipina, Timor Leste, dan Burnei.

Sedangkan Piala AFF U-16 akan dihelat di Thailand, turnamen tersebut akan dilangsungkan pada 26 Juli hingga 9 Agustus 2019.

Garuda muda ada di Grup A bersama dengan Myanmar, Vietnam, Timor Leste, Singapura, dan Filipina.

Fakhri dan Bima ditugaskan PSSI untuk tampil apik di kualifikasi Piala Asia yang juga digelar akhir tahun ini. Setelah itu penilaiaan akan ditunjukan kepada mereka sebelum kelanjutan kontrak.

“Kontrak coach Bima dan coach Fakhri kami akan lihat setelah Piala AFF dan Kualifikasi Piala Asia,” kata Sekjen PSSI, Ratu Tisha di Jakarta, Kamis 11 April 2019.

“Persiapan Timnas U-16 akan dimulai dari kick off Elite Pro Academy U-16 pada April, sebelum puasa kami bisa memulai melakukan pencarian pemain dari kompetisi. Saat ini, coach Bima mencanangkan untuk on the road melalui Piala Soreatin U-15, hal ini dimaksudkan untuk provinsi yang tidak punya klub di Elite Pro Academy,” terangnya.

“Untuk U-19, akan ada seleksi pemusatan latihan pertama untuk anak-anak kelahiran 2001 yang telah bermain di Elite Pro Academy U-16 musim lalu. Seleksi pertama dilakukan tanggal 20-25 April 2019,” ucap Tisha.

Bima Sakti sempat menjadi caretaker pelatih tim senior pada tahun lalu, usai kepergian Luis Milla. Sedangkan Fakhri adalah sukses membawa tim U-16 meraih gelar juara Piala AFF tahun lalu dan tampil di Piala Asia U-16.