Eks Penggawa Pohang Steelers Bernafsu Bela Timnas Indonesia

Mantan pemain Pohang Steelers, Yu Hyun-koo memiliki keinginan kuat untuk membela Timnas Indonesia. Meski sudah terbilang uzur, dia masih punya gairah besar untuk berseragam Merah-Putih.

Yu Hyun-koo saat ini sedang dalam proses naturalisasi. Dia ingin mengubah kewarganegaraannya dari Korea Selatan menjadi Indonesia.

Apabila semua prosesnya sudah terlewati, dia mengaku siap memperkuat Timnas Indonesia. Walaupun sudah berusia 36 tahun, gelandang Kalteng Putra itu tetap optimistis bisa membela skuad Garuda.

“Saya berpikir bahwa saya akan bermain bola lebih lama lagi. Mudah-mudahan saya bisa bantu Indonesia,” ungkapnya saat dijumpai di Bekasi.

Yu Hyun-koo mengaku sudah kerasan tinggal di Indonesia. Karena itu ia tak ragu untuk mengubah statusnya menjadi WNI.

“Saya sudah sembilan tahun di Indonesia. Lalu saya senang tinggal di sini. Soal menghafal lagu Indonesia Raya, nanti saya kasih tahu kalau sudah resmi (jadi WNI),” tuturnya.

Selain Yu Hyun-koo, bek Persebaya Surabaya, Otavio Dutra dan kiper Barito Putera, Yoo Jae-hoon juga berkeinginan menjadi WNI. Namun proses pindah kewarganegaraan ini bukan hal sederhana sehingga memakan waktu hingga berbulan-bulan.