Persiapan Bali United Jelang Festival Elite Pro Academy U-18

Setelah Bali United U-16 sukses mengikuti Festival Filanesia Elite Pro Academy U-16 bulan Maret 2019 lalu, sekarang giliran Bali United U-18 mempersiapkan diri menghadapi Festival Elite Pro Academy U-18 yang rencananya akan berlangsung di Sawangan, Depok, Jawa Barat, 20 April 2019 mendatang.

Pelatih Bali United U-18, I Made Pasek Wijaya menuturkan bahwa persiapan telah digelar sejak Sabtu (30/3/2019) lalu hingga saat ini.

Para pemain yang disiapkan mengikuti Festival Elite Pro Academy U-18 merupakan para pemain yang berasal dari Bali United U-17 tahun lalu.

Coach Pasek berkata, minggu pertama para pemain melakukan latihan fisik terlebih dahulu kemudian dilanjutkan dengan taktikal.

“Secara keseluruhan kami akan memperbaiki kondisi fisik para pemain dulu, selama minggu pertama ini fisiknya dulu, setelah itu baru mempersiapkan taktikalnya, gimana cara bermain filosofi filanesia itu,” ucapnya di Lapangan Gelora Trisakti, Kuta, Bali, Rabu (3/4/2019).

Bali United U-18 juga berencana akan melakukan game internal ataupun latih tanding dengan tim sepak bola lokal Bali untuk mematangkan persiapan menuju event tersebut.

Ia berkata bahwa seleksi masih berjalan saat latihan berlangsung.

Sekitar 25 pemain ikut dalam latihan untuk persiapan menghadapi Festival Elite Pro Academy U-18, dan hanya 18 pemain saja yang akan berangkat ke event tersebut.

“Di sini sudah ada 25 pemain lama, kami mempersiapkan mereka untuk festival itu. Kemarin juga sudah ada latihan sekitar 3 kali, saya lihat potensinya sangat bagus anak-anak lokal ini. Para pemain itu pun akan kita seleksi lagi karena (rencananya) bawa 18 pemain, makanya individu pemain juga harus benar-benar baguslah, seleksinya sambil berjalan,” ucapnya.

Festival Elite Pro Academy U-18 akan menjadi wadah baginya untuk melihat kemampuan para pemain Bali United U-18.

“Saya juga ingin tahu kemampuan dari para pemain itu, kan kemarin saya belum melihat (langsung) kemampuan para pemain yang ada, pas ada turnamen di Sawangan mungkin nanti saya pakai untuk mengetahui kemampuannya dalam bermain bola,” ucapnya.

Setelah Festival Elite Pro Academy U-18 berakhir, rencananya Coach Pasek akan mengumpulkan para pemain yang terpilih dari seleksi tanggal 16 Maret 2019 kemarin.

Para pemain tersebut dan para pemain yang mengikuti Festival Elite Pro Academy U-18 akan diseleksi kembali untuk membentuk tim definitif Bali United U-18.

“Seleksi kemarin dari keseluruhan yang ikut ada 679 orang dan hanya terjaring 22 orang. Nanti itu akan diseleksi dan matangkan lagi, memang benar-benar yang terbaik lah. Setelah dari Sawangan dikumpulkan para pemain itu. Sekitar tanggal 15 Mei 2019 sudah ada tim definitif, mungkin nanti mengambil sekitar 26 sampai 30 pemain,” ucapnya.(*)