Cristian Gonzales dan Rekor Gol yang Belum Pecah di Piala Presiden

Piala Presiden 2019 beberapa hari lagi sudah memasuki partai final. Turnamen pramusim ini tetap meriah seperi tiga penyelenggaraan sebelumnya. Banyak pemain wajah baru bermunculan. Tim promosi membuat kejutan.

Tetapi, di balik itu, masih ada satu rekor yang belum bisa dipecahkan hingga saat ini, yakni pencetak gol terbanyak dalam satu pertandingan. Rekor itu hingga kini masih jadi milik mantan striker Arema FC, Cristian Gonzales.

Piala Presiden 2019 Jadi Edisi Paling Kompetitif Sejak Bergulir pada 2015
Striker naturalisasi asal Uruguay itu berhasil mencetak lima gol dalam satu laga. Tepatnya ketika melawan Semen Padang dalam semifinal leg kedua Piala Presiden 2017 di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang.

Selain memberikan gelar juara untuk Arema, Gonzales juga mengakhiri turnamen itu dengan gelar top scorer. Total dia mencetak 11 gol.

Hanya Marko Simic yang hampir menyamai rekor tersebut saat membawa Persija Jakarta jadi juara Piala Presiden 2018. Total golnya sudah sama dengan Gonzales, yakni 11 gol dan meraih gelar top scorer. Namun, Simic tidak sampai mencetak lima gol dalam satu pertandingan.

Sekarang, Piala Presiden 2019 menyisakan dua laga final sehingga masih ada tantangan bagi pemain Arema dan Persebaya Surabaya yang bermain di final untuk menyamai atau bahkan mematahkan rekor striker fenomenal tersebut.

Saat ini Gonzales tetap mengikuti perhelatan Piala Presiden 2019. Tetapi, tidak semua pertandingan disaksikannya. Jika hanya ada waktu senggang, stiker berjulukan El Loco ini menyaksikan siaran langsung.

“Saya pernah merasakan juara dan jadi top scorer di turnamen ini. Terkadang saat melihat di televisi, ada rasa ingin segera bermain kembali. Saya bersyukur kepada Tuhan dan keluarga yang memberikan dukungan selama ini sehingga masih ada catatan yang pernah saya buat dan diingat sampai sekarang,” ujarnya.

Untuk jadwal pertandingan, Gonzales selalu diingatkan anak ketiganya, Fernando Gonzales.

“Waktu masih jalan-jalan ke Eropa, saya juga sempat streaming untuk melihat pertandingan babak grup waktu itu,” ungkapnya.

Khusus tahun ini, Gonzales tidak berpartisipasi di Piala Presiden 2019 karena memilih untuk liburan dengan keluarga ke Eropa ketika turnamen ini digelar.

Saat dia kembali, Gonzales memilih gabung dengan klub kasta kedua, Bogor FC Hal ini berarti dia meneruskan karier sejak pertengahan musim lalu di Liga 2. Meski di kasta kedua, Gonzales tak kering prestasi. Musim lalu dia memberikan gelar juara Liga 2 untuk PSS Sleman. Sekarang tentu dia berusaha melakukan hal yang sama untuk Bogor FC.