Final Piala Presiden: Persebaya Tuan Rumah Pertama, Arema Kedua

Setelah Persebaya memastikan tiket ke babak final Piala Presiden 2019, Steering Committee (SC) dan Organizing Committee (OC) menggelar drawing untuk menentukan giliran tuan rumah partai puncak mengingat mulai edisi tahun ini, Piala Presiden digelar dalam format kandang dan tandang.

Dalam pengundian yang dilakukan di Kantor PSSI, FX Sudirman, Jakarta Pusat, Sabtu malam WIB (6/4/2019) tersebut, Persebaya terpilih sebagai tuan rumah pertama.

Persebaya akan menjamu Arema pada partai final Piala Presiden 2019 leg pertama di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Selasa (9/4/2019).

Pada leg kedua, gantian Arema yang meladeni perlawanan Persebaya. Partai tersebut akan digelar di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, pada 12 April 2019.

Pertandingan bertajuk Derbi Jawa Timur itu dijamin bakal berlangsung seru. Selain gengsi turnamen, harga diri kedua kesebelasan dipertaruhkan pada partai yang akan berlangsung kandang dan tandang itu.

Lebih dari sekadar final, rivalitas Persebaya versus Arema FC lebih akan mewarnai pertandingan nanti. Bumbu-bumbu persaingan keduanya bakal bertambah panas seiring hubungan kedua suporter klub, Bonek dan Aremania, yang dikenal kurang harmonis.

Persebaya berhasil melaju ke partai final Piala Presiden 2019 setelah menyingkirkan Madura United dengan agregat 4-2. Sedangkan Arema FC, lolos seusai mengalahkan Kalteng Putra dengan total skor 6-0.