Dalam Proses Naturalisasi, Joey Suk Berharap Bisa Bela Klub Indonesia

Gelandang keturunan Indonesia, Joey Suk, kembali mengutarakan niatnya untuk menjadi warga negara Indonesia dalam sebuah wawancara.

Joey Suk diketahui memang sudah sejak lama mengutarakan keinginannya untuk dinaturalisasi sebagai warga Indonesia.

Pria berusia 29 tahun itu sempat masuk dalam daftar 24 pesepak bola berbakat keturunan Indonesia yang berkarier di Eropa Barat pada 2011 silam.

Namun, proses itu gagal rampung karena saat itu ada kendala di PSSI.

Setelah sempat tak ada kabar mengenai proses itu, Joey baru-baru ini mengaku sedang dalam upaya keduanya untuk memperoleh status warga negara Indonesia.

“Saya belum menjadi warga negara Indonesia, tetapi saya berharap bisa segera mendapatkannya,” kata Joey, dikutip BolaSport.com dari cityportal.hr.

“Prosesnya sedang berjalan, mungkin suatu hari nanti saya akan bermain untuk tim Indonesia, saya berharap saya bisa, katanya menambahkan.

Darah Indonesia Joey Suk diturunkan dari sang ibu. Sementara ayah kandung Joey berasal dari Belanda.

“Seumur hidup, saya hanya sekali berada di Indonesia, saat masih kevil, karena sangat jauh, tetapi saya berharap bisa pergi ke sana di masa depan,” ujar mantan gelandang Go Ahead Eagles itu.

Joey sebenarnya bisa saja datang ke Indonesia lebih cepat. Pasalnya, pria kelahiran Deventer itu mengaku pernah dapat tawaran dari sejumlah klub Indonesia.

Akan tetapi dia menolak karena saat itu ia enggan meninggalkan Go Ahead Eagles.

Saat ini, Joey memilih untuk berkarier di Kroasia sejak awal musim 2018-2019 lalu.

Joey direkrut oleh klub promosi divisi utama Liga Kroasia, HNK Gorica, setelah kontraknya bersama klub Belanda, Go Ahead Eagles, habis.