Hasrat Jadi WNI Hingga Bukti Kecintaan Pemain Asal Korsel Ini pada NKRI

Jika banyak pemain asing hilang entah kemana seusai membela klub di Indonesia, namun hal itu tak berlaku bagi mantan punggawa Sriwijaya FC, Yoo Hyun-koo. Kecintaannya pada Indonesia menimbulkan hasrat Yoo Hyun-koo untuk menjadi warga negara Indonesia (WNI) bersama dengan keluarganya.

Sejak tahun 2010, Yoo Hyun-koo telah hijrah ke Indonesia dengan memperkuat salah satu klub Liga 1, Semen Padang. Nampaknya, awal kali ia menginjakkan kakinya di Bumi Pertiwi, Yoo Hyun-koo telah jatuh cinta dengan Indonesia.

Setelah enam tahun membela Semen Padang, ia pun enggan untuk pindah ke klub di luar Indonesia. Di tahun 2016, Yoo Hyun-koo belum bisa beranjak dari tanah Sumatera dengan bergabung bersama Sriwijaya FC.

Hingga puncaknya kecintaan Yoo Hyun-koo terhadap Indonesia kembali diuji setelah Sriwijaya harus turun kasta ke Divisi Utama usai terdegradasi dari Liga 1. Yoo Hyun-koo lebih memilih dengan sedikit bergeser ke pulau Kalimantan, yakni bergabung bersama Kalteng Putra.

Total, telah 9 tahun Yoo Hyun-koo telah malang melintang dengan membela tiga klub berbeda di Liga Indonesia. Pemain berusia 36 tahun itu pun ingin lebih jauh dari sekedar mengagumi Tanah Air dengan memutuskan untuk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Yoo Hyun-koo pun turut menyertakan satu keluarganya untuk bersama-sama menjadi WNI. Sebagai informasi, Yoo Hyun-koo dan istri serta anak-anaknya semua asli warga Korea Selatan.

“Saya sudah 9 tahun berkarier di Indonesia,” kata Yoo Hyun-koo dikutip dari BolaSport.com.

“Lalu saya senang tinggal di sini dan saya berpikir bahwa saya akan bermain sepak bola lebih lama lagi di Indonesia,” ucap pemain berusia 35 tahun itu.

“Saya juga mau tinggal di Indonesia karena anak dan istri saya tinggal di sini, saya senang di Indonesia,” ucap Yoo Hyun-koo.

Yoo Hyun-koo sendiri saat ini masih menjalani proses untuk bisa menjadi WNI. Yoo Hyun-koo berharap agar proses tersebut dapat segera selesai secepatnya.