Mimpi Yanto Basna: Ingin Main di Jepang Tahun Depan

Bek Timnas Indonesia, Rudolof Yanto Basna, belum puas meski kini sudah bermain di klub Thai League 1, Sukothai. Ia ingin meningkatkan karier dengan berkiprah di Jepang.

Pernyataan itu dilontarkan Yanto Basna saat ditanya keinginannya kembali bermain di Indonesia. Mantan pemain Persib Bandung itu mengungkapkan ini menjajal kerasnya kompetisi di Jepang sebelum kembali bermain di Indonesia.

“Sebenarnya target saya harus sampai Jepang dulu baru kembali ke Indonesia,” ujar Yanto Basna kepada CNNIndonesia.com, Kamis (28/3).

“Kalau niat untuk kembali ke Indonesia pasti ada hanya belum tahu kapan waktunya. Hanya Tuhan yang tahu.”

Soal kriteria klub yang ingin diperkuatnya di Jepang, Yanto Basna enggan mematok target muluk-muluk. Pemain berusia 23 tahun itu hanya berpikir bagaimana target itu tercapai dalam waktu dekat.

“Belum tahu mana, ya mentoknya liga dua Jepang (J2 League) tidak apa-apa. Yang penting bisa berkarier di sana dulu,” tutur Yanto Basna.

“Rencana tahun depan ke sana. Kalau memang rezeki tentu tidak akan ke mana-mana,” ia melanjutkan.

Nama Yanto Basna kembali muncul setelah dipanggil Timnas Indonesia saat beruji coba melawan timnas Myanmar di Stadion Mandalar Thiri, Senin (25/3). Laga itu merupakan penampilan perdana mantan pemain Persib itu sejak terakhir kali memperkuat Timnas Indonesia pada Piala AFF 2016.

Pemain yang pernah menimba ilmu di SAD Indonesia itu mengaku senang karena tidak mengalami masalah adaptasi dengan taktik Simon McMenemy.

“Saya baru bergabung pas di Myanmar jadi hanya beberapa hari dengan tim. Puji Tuhan saya bisa dipercaya sebagai starter oleh coach Simon,” tukasnya. (map/jal)