Ingin Gelar Liga 1 Putri Jadi Alasan PSSI Tak Kirim Timnas Wanita Ke Piala AFF U-15

PSSI memberikan penjelasan terkait alasan utama mereka tak jadi mengirimkan tim nasional (timnas) wanita Indonesia U-15 ke Piala AFF U-15 Wanita 2019. Sebelumnya, situs resmi AFF mengungkapkan PSSI tak mengirimkan tim ke ajang tersebut lantaran adanya masalah keuangan, meski alasan tersebut dihilangkan dalam rilis yang sama, hari ini.

“Dikarenakan prioritas utk membangun Kompetisi Liga 1 Putri. Maka diputuskan untuk tahun ini PSSI, tidak mengirim tim putri U-15 di Piala AFF,” tulis PSSI, dalam situs resmi mereka, Jumat (5/4) siang.

Menurut sekretaris jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria, untuk persiapan Liga 1 Putri dan pengembangan sumber daya manusianya, pihaknya bakal bekerja sama dengan Federasi Sepakbola Australia (FFA).

“Beberapa waktu lalu, perwakilan dari FFA sudah berada di Sawangan untuk melihat timnas putri Indonesia. Kita prioritaskan untuk persiapan Liga 1 Putri dan timnas senior Putri menuju SEA Games. Selain itu timnas putri kita saat ini juga sedang mengikuti babak kedua kualifikasi olimpiade 2020 di Myanmar,” ucap Tisha.

Pada tahun 2019, kompetisi yang nantinya dibangun, dimulai dengan bebas usia seiiring dengan Piala Pertiwi di tingkat Provinsi. Tahun 2020, direncanakan untuk kompetisi putri di kategori usia muda.

“Kompetisi ini baru akan kita bangun rencananya di September mendatang. Kita akan memulai dengan sekurang-kurangnya enam klub liga 1 yang akan berpartisipasi,” pungkas Tisha.