Djanur Sanjung Striker Persebaya Eks Celtic FC

Keran gol Amido Balde, striker Persebaya Surabaya eks Celtic FC, memang tersendat pada pertandingan melawan Madura United, Rabu (3/4) sore WIB. Meski begitu, Balde tetap berkontribusi bagi Green Force dengan memberi assist bagi Manu Dzhalilov yang mencetak gol tunggal dalam laga tersebut.

Balde mendapat penjagaan sangat ketat dari dua bek tengah Madura United, Fachruddin Aryanto dan Jaime Xavier. Kedua pemain itu, terutama Fachruddin, selalu mengikuti gerak-gerik penyerang Timnas Guinea-Bissau tersebut.

Kendati gagal mencetak gol pada pertandingan tersebut, mantan penyerang Sporting Lisbon itu tetap disanjung oleh Djadjang Nurdjaman, nakhoda Persebaya. Djadjangyang merupakan legenda hidup Persib Bandung, melihat sebuah progres dalam permainan Balde.

“Saya melihatnya ada perubahan dari laga kemarin. Dia lebih bertenaga. Dia dua kali bermain ke sayap dan dua kali memberikan assist,” ulas pelatih yang akrab disapa Djanur itu.

Balde berperan penting dalam proses terjadinya gol Persebaya yang dicetak Dzhalilov. Tak sekadar memberi umpan, Balde juga memancing Fachruddin untuk keluar dari area lini pertahanan. Alhasil lini pertahanan Madura United pun rapuh.

“Balde dijaga tiga orang. Ketika dia bergerak ke sayap, dia juga dijaga. Jadi Dzhalilov tidak ada penjagaan,” sebut mantan pelatih Persib itu.

Balde masih akan menjadi andalan Persebaya pada laga leg kedua semifinal Piala Presiden 2019 di Stadion Gelora Ratu Pamelingan, Pamekasan, Sabtu (6/4) nanti. Dia diharapkan tampil bagus di lini depan Persebaya.