PSS Sleman Tunjuk Eks Asisten Pelatih Timnas Indonesia U-19 Jadi Direktur Akademi

Guntur Cahyo Utomo secara resmi ditunjuk sebagai direktur akademi PSS Sleman. Keputusan itu diambil dalam rapat direksi PT PSS, Selasa (2/4) malam.

Tugas pertama baginya adalah menyiapkan tiga tim kelompok umur Elite Pro Academy PSS, yakni U-16, U-18 dan U-20. Pembentukan tiga tim kelompok umur itu memang diwajibkan oleh PSSI bagi para peserta Liga 1 musim ini.

Ini adalah bagian dari program kompetisi usia dini yang dirancang oleh PSSI untuk menghasilkan pemain muda berkualitas. Muaranya, tentunya bisa menjadi tempat pencarian bakat untuk timnas kelompok umur.

Melihat rekam jejaknya, sebelumnya Guntur sempat beberapa kali bekerja sama dengan Indra Sjafri sebagai asisten pelatih di timnas Indonesia U-19. Terakhir dia juga sempat menjadi pelatih Malang United yang berlaga di Liga 3 2018.

“Kita menyiapkan cikal bakal pemain yang lebih baik untuk PSS maupun sepakbola Indonesia lebih luas melalui tiga hal; manajemen, latihan dan kompetisi yang lebih baik. Diharapkan goals (tujuan) dari ini semua menghasilkan regenerasi pemain yang berkelanjutan dengan kualitas yang lebih baik untuk PSS senior dan cakupan lebih luas untuk Indonesia,” ujar Guntur, seperti dilansir laman resmi PSS.

Lebih lanjut, Guntur pun mengakui terinspirasi dengan kesuksesan akademi klub-klub Eropa seperti Ajax Amsterdam, Barcelona, maupun Manchester United.

“Tentu saja kita berbicara ideal namun disesuaikan dengan konteks lokal, karena tidak mungkin seperti mereka dalam waktu dekat,” jelasnya.