Soal Pemain Asing Asia, Barito Putera Enggan Terbuka

Barito Putera berencana menambah amunisi elang bergulirnya kompetisi Liga 1 2019. The Yellow River – julukan Barito Putera, membidik pemain asing asal negara anggota AFC sebagai tambahan kekuatan.

Kabar bakal bertambahnya pemain asing Barito Putera ini diakui oleh sang pelatih Jacksen F Tiago. Dia menyebut bahwa ada peluang timnya akan menambah pemain asing jelang Liga 1 2019 digulirkan.

Menurut Jacksen, rencana ini bahkan sudah mulai direalisasikan. Pihaknya sudah mulai menginventarisir nama-nama pemain yang dibidik. “Sejauh ini, kami sudah ada gambaran soal pemain asing asal Asia tersebut,” ucap Jacksen seperti dilansir Radar Banjarmasin (Jawa Pos Group).

Menurut Jacksen, rencana Barito Putera mendatangkan tambahan pemain asing tak lepas dari akan segera tersedianya satu slot pemain Asia. Hal ini menyusul akan segera tuntasnya perubahan status kewarganegaraan pemain asing asal Korea Selatan, Yoo Jae-hoon. Seperti diketahui, saat ini Jae-hoon sedang mengurus proses naturalisasi menjadi WNI. Diharapkan, sebelum kompetisi bergulir, Jae-hoon sudah menjadi WNI.

Jacksen sendiri mengaku tak tahu secara pasti sejauh mana proses naturalisasi Jae-hoon. Namun, pelatih asal Brasil ini memastikan bahwa saat ini proses tersebut terus berjalan. “Saat ini, proses naturalisasi tersebut masih terus berjalan,” ujar Jacksen. “Namun, setahu saya, saat ini prosesnya masih belum beres,” sambungnya.

Sementara itu, Jacksen mengaku sudah memiliki rencana soal kandidat pemain asing anyar. Namun, saat ini, pelatih berusia 50 tahun ini enggan memberitahukan ke publik terlebih dahulu.

“Nanti, pasti akan saya beri tahu. Namun, saat ini belum tepat waktunya. Yang pasti ada banyak rencanya yang saya miliki. Ada plan A, B, sampai Z,” tandas Jacksen.