Refrizal: Gusti Randa Bukan Plt Ketum PSSI

Salah satu anggota Komite Eksekutif PSSI, Refrizal, memberikan penjelasan terkait status Gusti Randa saat ini di organisasi tertinggi sepakbola Indonesia tersebut. Sebelumnya diberitakan, Gusti mendapatkan mandat untuk menggantikan Joko Driyono sebagai pelaksana tugas (Plt) ketua umum PSSI.

Namun Refrizal membantah status itu. Menurutnya, berdasarkan Surat Tugas bernomor 10/15/UDN/568/III-2019, tertanggal 19 Maret 2019 yang ditandatangani Joko Driyono selaku Plt ketum PSSI, Gusti cuma mendapatkan amanah untuk menjalankan roda organisasi harian PSSI.

“Jadi, ini seperti tugas biasa yang diberikan kepada exco, seperti Ibu Papat Yunisal yang mendapat tugas dari ketum untuk mengurusi sepakbola wanita. Untuk penetapan Plt ketua umum kan juga harus melalui rapat exco. Nah, ini tiba-tiba kok ada omongan terdapat rapat exco (tanggal 19 Maret 2019) untuk hal itu, padahal tidak ada,” ujar Refrizal, saat ditemui di Hotel Crowne Plaza, Hanoi, jelang mendampingi timnas Indonesia U-23, Minggu (24/3).

“Pak Gusti bukan Plt Ketua Umum, jabatan itu tetap dipegang Pak Joko Driyono. Karena kan sekarang Pak Joko sedang bolak-balik berurusan dengan masalah hukumnya seperti yang kita tahu. Jadi Pak Joko tidak mundur dari jabatannya sebagai Plt ketum PSSI,” tegasnya.

Dalam surat tugas untuk Gusti yang dibeberkan Refrizal, memang terdapat dua tugas untuk mantan Aktor tersebut. Pertama, Gusti untuk dan atas nama ketua umum menjalankan roda organisasi harian PSSI dan mengambil langkah-langkah khusus yang diperlukan.

Kedua, mempersiapkan pelaksanaan KLB PSSI sebagaimana hasil keputusan Rapat Komite Eksekutif PSSI tanggal 19 Februari 2019.