Persebaya Klaim Dua Golnya ke Gawang Tira Persikabo Sah dan Bersih

Pelatih Persebaya Surabaya, Djadjang Nurdjaman membantah tudingan miring tentang dua gol terakhir tim asuhannya ke gawang PS Tira Persikabo yang dicetak Damian Lizio dan Amido Balde. Djadjang menegaskan bahwa dua gol itu bersih dan sah.

Gol kedua dan ketiga Persebaya memang menimbulkan perdebatan. Pada gol kedua, tampak Osvaldo Haay dijatuhkan Abduh Lestaluhu dan Vava Mario Yagalo di kotak terlarang pada menit ke-87. Wasit pun menunjuk titik putih.

“Saya juga tidak mengerti apa yang terjadi pada mereka. Osvaldo diinjak kaki kirinya. Sehingga tidak ada masalah dengan penalti itu,” ujar Djadjang Nurdjaman, nakhoda Persebaya. Penalti itu berhasil dituntaskan oleh Damian Lizio.

Gol ketiga Persebaya yang lahir pada menit ke-91 juga menjadi soal. Pelatih Tira Persikabo, Rahmad Darmawan (RD) menilai wasit tidak jeli. Sebab ada pelanggaran yang dilakukan Hidayat kepada salah seorang pemainnya.

Djanur – sapaan Djadjang, mematahkan tudingan RD. “Hidayat mengambil bola dengan bersih. Dia merebut dan langsung long pass ke Ofan (Oktafianus Fernando). Saya tidak melihat ada kesalahan dari wasit,” jelas Djanur.

Seperti diketahui, Persebaya menyingkirkan Tira Persikabo di perempat final Piala Presiden 2019, Jumat (29/3) sore WIB. Persebaya menang 3-1 di Stadion Gelora Bung Tomo. Laga tersebut cukup ‘panas’ lantaran muncul protes dari kubu Tira Persikabo. Dua pemain mereka dikartu merah.