Kapten Persebaya Menjalani Tes MRI

Kapten Persebaya, Ruben Sanadi, menjadi korban keberhasilan tim Bajul Ijo menang 3-1 atas Tira Persikabo, Jumat (29/3/2019). Ruben mengalami masalah sehingga tidak tampil penuh dalam laga perempat final Piala Presiden 2019 itu.

Mantan pemain Persipura Jayapura itu tidak muncul dalam latihan tim di Stadion Jenggolo, Sidoarjo, Sabtu pagi (30/3/2019). Ruben menjalani tes MRI (magnetic resonance imaging) untuk memantau cedera lutut kanan.

Cedera itu didapat Ruben saat tampil melawan Tira Persikabo di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya. Pemain yang berposisi sebagai bek kiri itu ditarik keluar dan diganti Mokhamad Syaifuddin pada menit ke-67.

Dokter tim Persebaya, Pratama Wicaksana Wijaya, menyebutkan pihaknya masih belum bisa memastikan cedera apa yang sedang dialami Ruben. Hasil MRI itu juga masih belum keluar.

“Perlu pemeriksaan lanjutan dan ke dokter spesialis orthopedi. Kesimpulan cedera atau kondisinya seperti apa, perlu pantauan lebih lanjut. Hasilnya masih belum keluar. Setelah keluar, kemungkinan Senin (1/4/2019), kami lakukan pemeriksaan lanjutan itu,” kata dokter yang akrab disapa Tommy itu kepada Bola.com, Sabtu malam.

Tommy juga tidak bisa menyimpulkan Ruben mengalami cedera parah. Tes MRI yang harus dijalani Ruben samata untuk melihat kondisi lutut kanan yang telah dikeluhkan Ruben.

“MRI itu bukan sebuah proses yang dilakukan untuk melihat cedera yang diduga parah. Kami ingin memastikan sesuatu yang tidak bisa dilihat dari luar untuk mempertegas diagnosis,” imbuh dokter lulusan Universitas Brawijaya tersebut.

Dalam pertandingan melawan Tira Persikabo, Ruben banyak mengalami benturan saat mendribel bola atau menghadang laju pergerakan lawan. Menurut Tommy, pemain berusia 32 tahun itu sudah mengeluhkan sakit di lutut kanan sejak turun minum.

“Saat turun minum di ruang ganti, Ruben mengeluh sakit dan merasa tidak bisa melanjutkan pertandingan. Akhirnya diputuskan sebaiknya ditarik keluar,” tutur Tommy.

Cedera ini mengancam peluang Ruben turun saat Persebaya bermain dalam partai semifinal Piala Presiden 2019. Laga leg pertama rencananya akan digelar dengan Bajul Ijo sebagai tuan rumah di Stadion Gelora Bung Tomo, Rabu (3/4/2019).

Meski demikian, pelatih Persebaya, Djadjang Nurdjaman, tidak mau gegabah dengan membuat keputusan perihal cedera pemainya itu.

“Saya belum tahu apakah dia bisa main di semifinal atau tidak. Saya belum tahu pasti kondisi seperti apa,” ucap pelatih yang akrab disapa Djanur itu.