Timnas Indonesia Awali Kualifikasi Piala Dunia 2022 dari Putaran Kedua

Timnas Indonesia akan memulai kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia dari putaran kedua yang akan mulai digelar pada 5 September 2019. Dari negara ASEAN, Timnas Indonesia memulai putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2022 bersama Thailand, Vietnam, Filipina, Myanmar, dan Singapura.

Seperti dilansir dari Fox Sports Asia, Kamis malam (28/3/2019), sebanyak 40 tim Asia sudah ditentukan untuk masuk ke pot pengundian menurut peringkat masing-masing di ranking FIFA. Tim-tim dari Asia Tenggara akan mulai menempati pot ketiga hingga kelima.

Bicara perihal pot ketiga, ada Thailand dan Filipina yang sudah dipastikan berada di sana. Sementara Vietnam masih memiliki peluang untuk masuk ke pot kedua, yang penentuannya akan dilakukan sebelum putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia diputar.

Myanmar menjadi satu-satunya perwakilan Asia Tenggara yang sudah dipastikan akan ada di pot keempat. Sedangkan Timnas Indonesia dan Singapura akan memulai kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia di putaran kedua dengan menempati di antara pot 4 atau 5.

Selain enam tim ASEAN yang sudah memastikan akan memulai kualifikasi Piala Dunia 2022 dari putaran kedua itu, lima tim lainnya akan memulai kualifikasi dari putaran pertama, termasuk Malaysia.

Tim Harimau Malaya akan memulai kualifikasi dari putaran pertama yang menggunakan sistem play-off dua leg yang digelar 6 dan 11 Juni 2019. Selain Malaysia, empat tim Asia Tenggara lain yang memulai dari fase ini adalah Kamboja, Laos, Brunei Darussalam, dan Timor Leste.

Bagi semua tim yang berhasil melangkah lolos ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2022, dipastikan juga lolos ke Piala Asia 2023. Hal tersebut karena hingga kualifikasi putaran kedua, FIFA dan AFC menggunakan sistem kualifikasi bersama, di mana tim-tim yang lolos ke putaran ketiga akan tampil di putaran final Piala Asia 2023.

Hal ini berarti, Timnas Indonesia hanya perlu memastikan diri lolos dari putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2022 untuk bisa tampil di Piala Asia 2023 yang akan digelar antara di Korea Selatan atau China.