Menanti Racikan Simon McMenemy di Skuat Garuda

Timnas Indonesia memulai petualangan bersama Simon McMenemy. Bakal seperti apa permainan skuat Garuda bersama pelatih asal Skotlandia itu?

Simon ditunjuk menjadi pelatih Timnas pada 20 Desember lalu. Dia menggantikan Bima Sakti yang gagal total di Piala AFF 2018.

Keputusan PSSI menunjuk Simon ini tak lagi mengejutkan. Namanya sudah muncul sejak Luis Milla dilepas. Manajer 41 tahun itu dinilai sebagai sosok yang pas untuk memangku jabatan pelatih Timnas. Buktinya?

Membahas soal Simon, jelas tak bisa lepas dari dua tim: Timnas Filipina dan Bhayangkara FC. Bersama dua tim itu, Simon menorehkan prestasi yang oke. Ajang Piala AFF 2010 merupakan awal perkenalan Simon dengan sepakbola Asia Tenggara.

Simon, yang saat itu berusia 32 tahun, mendapatkan tawaran untuk menangani The Azkals. Dengan latar belakang asisten pelatih tim semiprofesional di Liga Inggris, dia bisa meyakinkan federasi sepakbola Filipina, PFF, untuk memberi kepercayaan pada dirinya.

Kepercayaan itu dibayar dengan tuntas. Filipina si Anak Bawang, menjelma menjadi kekuatan baru sepakbola di Asia Tenggara. Skuat mereka memang diisi oleh beberapa pemain naturalisasi, Younghusband bersaudara, James dan Phil, menjadi contohnya.

Indonesia, asuhan Alfred Riedl, yang menjadi pengganjal Filipina di Piala AFF 2010. Simon pun mencetak sejarah mengantarkan Filipina lolos ke semifinal Piala AFF untuk pertama kalinya.

Setelah berpetualang di Asia Tenggara, Simon akhirnya berlabuh di Bhayangkara FC pada 2017. The Guardian, yang saat itu diisi oleh sebagian besar pemain muda, dibawa menjadi juara Liga 1. Evan Dimas Darmono, Ilham Udin Armaiyn, dan Putu Gede Juni Antara merupakan contoh pemain muda yang ada di skuat The Guardian.

Dalam tiga pertandingan ujicoba yang sudah dijalani, Timnas belum menelan kekalahan di bawah arahan Simon. Timnas dua kali menang dan sekali menuai hasil imbang.

Kemenangan didapat saat Timnas saat menjalani ujicoba di Australia. Perth Glory dan State League 2 All Star yang berhasil ditaklukkan, sementara hasil imbang digapai saat melawan Bali United.

Simon akan menjalani FIFA matchday pertamanya bersama Timnas, Senin (25/3). Myanmar yang akan menjadi lawannya. Duel itu akan berlangsung di Thuwunna Stadium, Naypyidaw, Myanmar. Kita tunggu saja bagaimana sentuhan pelatih yang menangani Pelita Bandung Raya dan Mitra Kukar itu.