Darije Kalezic Ingin Mental Pemain PSM Terbiasa Bermain di Luar Makassar

PSM Makassar kembali berlatih setelah meliburkan permain pasca tersingkir dari Piala Presiden 2019. Pelatih PSM, Darije Kalezic, mengaku puas dengan kondisi pemainnya yang tetap terjaga.

“Secara umum saya menilai pemain dalam kondisi bagus. Hanya Ferdinand Sinaga yang masih bermasalah dengan cedera engkelnya,” ujar Darije seusai memimpin latihan PSM di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin, Makassar, Kamis (21/3).

Menurut Darije, ia menfokuskan persiapan menghadapi Kaya FC pada laga ketika Grup H Piala AFC 2019 di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, 2 April 2019.

“Saya memiliki waktu kurang dari dua pekan untuk meningkatkan kemampuan dan kerja sama tim,” ucapnya.

Darije menambahkan dalam periode latihan jelang bertanding di Piala AFC 2019, ia juga ingin mengasah mental pemainnya agar tetap terjaga, terutama bermain di luar Makassar.

“Saya paham dengan perasaan pemain. Selama ini kami terbiasa bermain dengan atmosfer yang bagus di Makassar. Tapi, di Piala AFC dan Piala Presiden kami tidak pernah lagi merasakannya,” kata Darije.

Dia merujuk laga PSM kontra Lao Toyota (Laos) pada laga kedua Grup di Stadion Pakansari. Suasana stadion jauh berbeda dibandingkan ketika bermain di Makassar.

“Saya sendiri merasakan suasana sepi di stadion. Asal Anda tahu, alasan saya ke PSM, satu di antaranya adalah karena melihat antusias suporter di Makassar,” ungkap Darije.

Itulah mengapa, Darije mengaku sempat memikirkan menggelar satu uji coba di luar Makassar sebelum menjamu Kaya FC.

“Tapi, mungkin lebih baik kalau saya mengggelar internal game agar semua pemain bisa bermain,” ujarnya.

Mantan pelatih Roda JC Kerkrade ini pun berharap dua pemain pilarnya, M. Rahmat dan Rizky Pellu, tiba tepat waktu dari Timnas Indonesia. “Mereka dijadwalkan kembali gabung PSM pada 28 Maret. Kami tunggu saja,” pungkas Darije mengakhiri pembicaraan.