Alasan Awan Setho Raharjo Tidak Dimainkan Saat Lawan Vietnam

Masih seputar kekalahan tim nasional (timnas) Indonesia U-23 dari Vietnam U-23 pada laga kedua grup K kualifikasi Piala Asia U-23 2020. Seperti diketahui, pada laga yang digelar di Stadion My Dinh, Hanoi, Minggu (24/3) malam, tersebut Indonesia takluk dengan skor tipis 1-0.

Dalam laga itu, pelatih Indonesia U-23, Indra Sjafri, tidak menurunkan kiper Awan Setho Raharjo yang diandalkan ketika menghadapi Thailand U-23 di laga perdana. Di laga melawan Vietnam Indra memasang Satria Tama Hardianto sebagai kiper utama.

Ada yang beranggapan, bahwa tidak dimainkannya Awan pada laga melawan Vietnam lantaran dia kemasukan empat gol saat melawan Thailand. Indra membantah dengan tegas hal tersebut. Dia mengungkapkan, tidak dimainkannya Awan adalah karena memang kondisi penjaga gawang Bhayangkara itu tidak fit.

“Awan Setho kemarin tiba-tiba sakit muntah-muntah, sekitar jam 16.30 (waktu setempat). Setelah dikasih obat dia berhenti muntahnya, tapi masih pusing. Saya pun harus ambil keputusan segera untuk mengganti Awan, yang sebenarnya sudah masuk dalam susunan 11 pemain utama,” kata Indra, saat berbincang dengan wartawan di Hotel Crowne Plaza, Hanoi, Senin (25/3) siang.

“Jadi bukan karena Awan kemarin kemasukan 4-0, terus diganti. Alasannya bukan sesederhana itu. Dalam penentuan pemain saya selalu meminta masukan mulai dari dokter, asisten pelatih, sampai kitman. Mereka saya minta masukannya, yang pada akhirnya kami ambil keputusan kolektif siapa yang akan diturunkan,” jelas pelatih asal Sumatera Barat tersebut.

Seperti diketahui, Indonesia memang sudah dipastikan gagal lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2020. Namun masih ada satu laga lagi yang harus dimainkan, yaitu melawan Brunei Darussalam, di Stadion My Dinh, Selasa (26/3).

kenapa bukan the winning team. ini pemain yang terbaik menurut kita ya yang kemarin itu.