Agar Tak Kehilangan Muka, Timnas U-23 Wajib Kalahkan Brunei

– Timnas Indonesia U-23 akan menjalani laga terakhir Kualifikasi Piala Asia U-23 2020 dengan Brunei Darussalam. Skuat Garuda Muda wajib meraih kemenangan demi harga diri.

Indonesia gagal pentas di Piala Asia U-23 2020 di Thailand setelah tersingkir di babak kualifikasi. Andy Setyo dkk meraih dua kekalahan beruntun melawan Thailand 0-4 dan kalah 0-1 dari Vietnam.

Hasil tersebut membuat Indonesia tertahan di peringkat ketiga dengan nol poin. Sementara, Thailand dan Vietnam berada di puncak dan runner-up dengan koleksi enam poin.

Kendati masih menyisakan satu laga, menghadapi Brunei Darussalam di partai terakhir, Timnas tak mungkin menggeser Thailand atau Vietnam. Padahal, hanya juara grup yang berhak lolos ke Piala Asia atau runner-up asalkan Thailand menjadi juara Grup K.

Pemerhati sepakbola, M. Kusnaeni, mengingatkan tugas Timnas belum usai. Sebab, masih ada satu laga lagi, melawan Brunei Darussalam pada Selasa (26/3).

“Kalau lawan Brunei sih tentunya wajib menang. Tapi ini bukan ukuran karena target kami kan ke Piala Asia. Jadi karena sudah tersingkir, Indonesia mau tidak mau harus menang,” ujar Bung Kus kepada detikSport, Senin (25/3/2019).

Di atas kertas, Indonesia lebih diunggulkan. Brunei saat ini menempati dasar klasemen Grup K. Mereka menelan dua kekalahan telak dari Vietnam kalah 0-6 dan takluk 0-8 dari Thailand.