Kembali Gelar TC, Barito Putera Masih Galau Tentukan Tempat

Barito Putera tak berpuas diri dengan performa skuad yang ditunjukkan selama Piala Presiden 2019. Setelah dievaluasi, akhirnya diputuskan untuk kembali menggelar training center (TC). Namun, hingga saat ini belum diputuskan akan digelar di mana TC nanti.

Persiapan serius kembali dilakukan tim kebanggaan urang Banua, Barito Putera, dalam menyongsong Liga 1 2019. Setelah melakukan pemusatan latihan di Batu, Malang, pertengahan Februari hingga awal Maret lalu kini latihan di luar daerah kembali dijadwalkan.

Rencananya awal April nanti para penggawa The Yellow River nanti kembali meninggalkan Banjarmasin untuk jalani TC. Pelatih Barito Putera Jacksen F Tiago mengatakan, ada empat opsi daerah yang bakal menjadi tempat latihan. Mulai dari Batu, Bandung, Jogjakarta, hingga Bali.

“Sebenarnya sudah saya putuskan tempatnya, tapi saya menunggu dulu. Saya juga ingin melihat apakah tempatnya available atau tidak,” urai Jacksen. Pihaknya juga akan melihat opsi daerah yang memiliki banyak klub untuk diajak uji coba.

Dalam masa pramusim ini Barito Putera sudah bertanding melawan tim dari Jawa Timur, Arema FC dan Persela Lamongan, di Piala Presidend 2019. Lalu dari Sumatera ada Semen Padang yang dihadapi di laga uji coba. Makanya Jacksen mengaku ingin menambah uji coba lagi dengan tim dari daerah Jawa Barat, Jakarta, Sulawesi, dan Kalimantan.

“Untuk Kalimantan, kami sudah bisa pastikan akan beruji coba dengan Borneo FC. Mengenai tempatnya nanti akan ditentukan,” imbuh dia. “Jadi uji coba dengan Borneo FC dulu baru nanti TC.”

Untuk laga uji coba, Jacksen memastikan akan digelar di luar kandang. Hal itu dilakukan untuk mengukur tingkat emosi pemain saat mendapat tekanan dari tim tuan rumah.

“Jadi dalam tiga hingga empat kali uji coba saya inginnya bermain di kandang lawan, agar pemain terbiasa mendapat pressure dari penonton dan lawan,” pungkas Jacksen.