PSSI Sudah Data Calon Pemain Timnas Indonesia U-19

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Ratu Tisha mengatakan ada pendataan talent scout untuk Timnas Indonesia U-19 yang nantinya akan dilatih oleh Fakhri Husaini.

Pelatih Fakhri Husaini akan membesut Timnas Indonesia U-19. PSSI pun bergerak untuk mencari pemain-pemain berbakat dari berbagai kompetisi, seperti Elite Pro Academy U-16 dan Piala Soeratin 2018 lalu.

“Kami meminta kesediaan (Fakhri Husaini) untuk melatih timnas U-19, kemudian yang saat ini dilakukan tim dari PSSI adalah pendataan talent scouting anak-anak kelahiran 2001 yang bermain di Elite Pro Academy,” ujar Ratu Tisha di SUGBK, Jakarta, Selasa (19/3/2019).

“Karena di timnas U-16 musim lalu kami ada regulasi lima pemain joker kelahiran 2001. Kita juga membiasakan timnas diisi pemain yang mempunyai jenjang kompetisi cukup sehingga kami mendata pemain yang ada di Elit Pro dan Piala Soeratin 2018,”

“Sampai saat ini sudah ada 120 pemain yang kita pantau dan akan kita lihat data-data mereka, bila perlu melakukan seleksi kita panggil apabila tidak terpangil kita akan undang ke tc selanjutnya,” katanya.

Timnas Indonesia U-19 rencananya akan mulai melakukan aktivitas pada bulan April. Pemain-pemain timnas U-16 asuhan Fakhri tahun lalu pun bisa kembali diseleksi. Namun saat ini para pemain tersebut banyak yang membela tim Garuda Select.

“Iya, betul, Garuda Select itu seyogyanga mereka berusia 17 tahun pada tahun ini. Karena ini U-19 ini tidak boleh menumpuk banyak pemain berusia 18 tahun. Kita ingin tidak ada gap pemain yang berusia 18 tahun,” katanya.