Persija Pilih Fokus Piala AFC Dibandingkan Piala Presiden

Persija Jakarta tetap meprioritaskan penampilan di Piala AFC dibandingkan laga Piala Presiden 2019 yang jadwalnya berdekatan.

Usai menang 3-1 atas klub asal Myanmar Shan United, Persija akan bertanding lawan klub asal Filipina Ceres Negros dalam penyisihan Grup G Piala AFC di Stadion Panaad pada 3 April.

Lihat juga: Gelandang Vietnam Puji Kesolidan Timnas Indonesia U-23
Selain tampil di Piala AFC, Persija juga dalam persiapan menjalani babak perempat final Piala Presiden melawan Kalteng Putra di Stadion Patriot Candrabhaga pada 28 Maret.

Bila lolos ke babak semifinal Piala Presiden, maka Persija akan kembali bertanding melawan pemenang antara Bhayangkara FC vs Arema FC dalam leg pertama pada 2 April 2019 dan leg kedua pada 5 April.

“Sebenarnya untuk babak 8 besar [Piala Presiden 2019], tidak terlalu masalah. Hanya memang faktor tak bisa gunakan SUGBK [Stadion Utama Gelora Bung Karno] saja. Selain itu, mulus,” kata CEO Persija Jakarta, Ferry Paulus, kepada CNNIndonesia.com.

“Kandang kami dalam Piala Presiden 2019 ini di Stadion Patriot Candrabhaga. Problem lain yang krusial itu di semifinal [Piala Presiden 2019]. Kalau lolos, kami main pada 2 April di leg pertama Piala Presiden 2019. Sedangkan tanggal 3 April kami juga main di Piala AFC,” katanya menambahkan.

Dengan bermain tiga pertandingan dalam lima hari, Ferry mematikan Persija akan membagi dua kekuatan tim. “Fokus Persija tetap di Piala AFC,” ucap Ferry.

Sementara itu Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria mengatakan hal-hal mengenai jadwal sudah disepakati dalam musyawarah di pertemuan manajer klub babak delapan besar Piala Presiden.

“Itu [pilihan pemain di Piala AFC dan Piala Presiden] jadi prioritas masing-masing manajemen, tapi kondisi ini bukan berarti Persija ingin kalah di Piala Presiden,” ujar Tisha.

“Tidak ada pengunduran jadwal [Piala Presiden 2019], Persija harus siap dengan itu. Jadwal ini dibuat ketika jadwal Piala AFC sudah ada dan disepakati bersama, kami yakin tim bisa mengatur ritmenya dengan baik. Jangan lupa ini turnamen pramusim [Liga 1], artinya ini untuk uji coba pemain,” katanya melanjutkan. (map/ptr)