Persija Pakai Pemain U-19 Bila Lolos ke Semifinal Piala Presiden 2019

Langkah Persija Jakarta di Piala Presiden 2019 terus berlanjut dan saat ini sedang memasuki babak delapan besar.

Mimpi buruk akan datang ke Persija Jakarta bila tim berjulukan Macan Kemayoran itu melaju hingga semifinal di Piala Presiden 2019.

Hal itu dikarenakan bentroknya pertandingan semifinal leg pertama Piala Presiden 2019 dengan laga Piala AFC 2019.

Leg pertama semifinal Piala Presiden 2019 akan berlangsung pada 2 dan 3 April 2019, sedangkan leg kedua digelar pada 5 dan 6 April 2019.

Ada pertandingan di Piala AFC 2019 yang harus dilakukan Persija Jakarta di tengah-tengah leg pertama semifinal Piala Presiden 2019 andai lolos.

Ya, tim asuhan Ivan Kolev itu akan melawan Ceres Negros pada laga ketiga Grup G Piala AFC 2019 di Stadion Panaad, Bacolod, Filipina, pada 3 April mendatang.

Tentu saja itu akan merusak konsentrasi Persija Jakarta, apakah memilih fokus di Piala AFC 2019 atau tampil maksimal di semifinal leg pertama Piala Presiden 2019 bila lolos.

Kewaspadaan Persija Jakarta semakin bertambah karena tidak ada penambahan pemain pada ajang Piala Presiden 2019.

“Sesuai dengan kesepakatan manajer meeting awal dan regulasi, tidak ada penambahan pemain baru dan pergantian. Karena ini kaitannya dengan izin,” ucap Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Ratu Tisha.

Kendati demikian, Ratu Tisha mengatakan Persija Jakarta sebenarnya bisa menambah jumlah pemain mereka bila lolos ke semifinal Piala Presiden 2019.

Namun, pemain dari Persija Jakarta U-19 yang bisa memperkuat tim senior Persija pada semifinal Piala Presiden 2019.

“Jadi ada satu case bila Persija Jakarta lolos ke semifinal karena mereka hanya menyisahkan 7 pemain. Sebab, laga itu bentrok dengan Piala AFC 2019,” kata Ratu Tisha.

“Berdasarkan kesepakatan yang sudah diketahui sebelumnya, apabila kekurangan pemain, maka dari internal Persija Jakarta akan mengambil pemain U-19 di bawahnya.”

“Jadi tidak ada penambahan pemain yang baru direkrut karena Persija Jakarta akan mengambil pemain internal mereka apabila lolos ke semifinal,” tutur Ratu Tisha.

Ratu Tisha juga mengatakan Persija Jakarta hanya boleh menambah 11 pemain dari Persija Jakarta U-19.

Jadi nantinya, ada 18 pemain yang memperkuat Persija Jakarta untuk tampil di leg pertama semifinal Piala Presiden 2019 bila lolos.

“Jadi Persija Jakarta maksimal mengambil 11 pemain dari juniornya U-19. Jadi total 18 pemain karena mereka hanya menyisakan 7 pemain dan itu hanya di leg pertama saja,” kata Ratu Tisha.

“Di leg kedua, sudah kembali. Leg kedua memainkan pemain senior yang mendapatkan pengesahan sebelumnya,” tutup Ratu Tisha.