McMenemy Ingin Perbaiki Rekor Indonesia di Laga Tandang

Timnas Indonesia akan menghadapi uji coba melawan Myanmar. Pelatih Simon McMenemy ingin berusaha mematahkan rekor buruk pertandingan tandang ‘Merah Putih’.

Timnas dijadwalkan menjajal Myanmar di Stadion Thuwunna, Yangon, Senin (25/3/2019). Di laga FIFA matchday ini turut menandai debut McMenemy sejak ditunjuk menjadi pelatih timnas Indonesia pada Desember 2018.

Simon mengakui Indonesia kerap kesulitan menghadapi pertandingan di kandang lawan. Tapi, pelatih asal Skotlandia itu ingin membuktikan catatan buruk tersebut bisa diperbaiki.

Indonesia cuma sekali menang dalam lima pertandingan tandang terakhir. Kemenangan tersebut didapat dari Kamboja 2-0 dalam laga persahabatan pada Juni 2017.

“Salah satu kendala Indonesia adalah pertandingan away sulit bagi tim di Indonesia untuk menang di pertandingan away, begitu juga tim nasional. Harapannya kami bisa mengubah tradisi yang kurang baik,” ujar Simon usai memimpin latihan di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Kamis (21/3/2019).

Untuk bisa mewujudkan misinya itu, Timnas pun sudah menggelar latihan sampai ke Australia. Di negeri kangguru tersebut, Andik Vermansah dkk menjajal dua tim lokal melawan Perth FC menang 3-1 dan mencukur State League 2 All Star dengan skor 5-1.

Sedangkan saat melakoni uji coba di dalam negeri, Timnas berimbang dengan Bali United dengan kedudukan 1-1.

“Semua yang kami lakukan dari awal sampai ke Australia itu persiapan untuk ke Myanmar. Sampai sejauh ini saya sangat puas karena dengan TC yang panjang ini saya jadi tahu apa yang bisa dan tidak bisa dilakukan pemain khususnya kemarin habis lawan Bali United, kami ada di keadaan yang sangat baik untuk menghadapi Myanmar,” katanya. (ads/rin)