Ini Laga Bersama Timnas Belanda U-17 yang Mengganjal Ezra Walian

Ezra Walian terganjal masalah administrasi untuk membela Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia U-23. Laga bersama Timnas Belanda U-17 ini penghambatnya.

Pelatih Garuda Muda, Indra Sjafri, masih menunggu enam jam menjelang pertandingan pertama di Kualifikasi Piala Asia U-23 2020 untuk menentukan skuat final. Saat ini sudah ada 22 pemain yang akan didaftarkan, sementara skuat yang dibawa 24 orang.

Salah satu pemain yang belum didaftarkan Ezra Walian. Muncul kabar bahwa pemain RKC Waalwijk itu belum bisa didaftarkan karena AFC karena pernah berlaga di kualifikasi Piala Eropa U-17 bersama timnas Belanda.

Karena itu, Indoensia harus menunggu surat dari FIFA mengenai kepindahan Ezra Walian agar bisa didaftarkan ke AFC untuk berlaga di Kualifkasi Piala Asia U-23 2020.

Ezra memang pernah masuk skuat timnas Belanda U-17 pada 2014. Dia bermain dua kali saat De Oranje menghadapi Georgia dan San Marino.

Pertama Ezra Walian bersama Timnas Belanda U-17 saat melawan San Marino. Belanda menang 12-0 dalam laga 19 Oktober 2013, Ezra Walian menyumbangkan lima gol. Saat itu, dia menjadi pemain pengganti.

Sementara laga kedua Ezra Walian bersama Timnas Belanda U-17, dijalani saat melawan Georgia pada 22 Oktober 2013. Dia menjadi starter, cuma bermain 54 menit.

Ezra Walian lantas tak lolos ke skuat final dalam turnamen yang berlangsung di Malta pada 2014 itu. Dua laga itu juga menjadi laga terakhirnya bersama timnas Belanda karena Ezra Walian memutuskan memilih menjadi warga negara Indonesia pada 2017.

Indonesia berada di Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 2020. Thailand, Vietnam, dan Brunei Darussalam yang menjadi pesaingnya. Pada pertandingan pertama, tim Merah Putih akan menghadapi Thailand, Jumat (22/3).