Balistik Minta Pemkot Balikpapan Proaktif Bantu Persiba

Persoalan klasik kembali mengadang persiapan Persiba jelang kompetisi Liga 2 2019. Ya, ketiadaan lapangan berlatih tetap, membuat skuat asuhan Salahudin ini mesti menjalani latihan berpindah-pindah.

Sejumlah lapangan sempat jadi lokasi latihan Bryan Cesar cs tiga bulan terakhir. Mulai latihan dari Stadion Batakan, Lapangan Bima Sakti, Lapangan Merdeka, dan Stadion Sudirman.

Ketiadaan lapangan berlatih ini membuat pelatih Persiba Salahudin akhirnya memilih menggelar pemusatan latihan di Malang selama sebulan.

Maklum saja, tanpa lapangan berlatih, program yang sudah disusun memang tak bisa berjalan maksimal.

Kondisi ini tentu bakal berimbas kepada persiapan tim. Apalagi, Beruang Madu bertekad kembali ke kasta tertinggi.

Ketua Balistik Endrik Jatmiko mengaku, cukup prihatin dengan kondisi yang dialami tim kebanggaan masyarakat Kota Beriman ini. Dia meminta pemerintah bisa lebih proaktif membantu Beruang Madu mendapatkan lapangan berlatih.

Meski mendukung jika latihan digelar di Lapangan Merdeka, Endrik mengaku, kondisi lapangan yang tidak rata membuat pemain rawan mengalami cedera. “Opsi paling realistis memang Lapangan Foni, tapi pemerintah harus membantu membenahi kekurangan di sana,” kata dia, Sabtu (16/3).

Soal rencana pemusatan latihan di Malang, Endrik mengaku, hal itu hanya solusi jangka pendek. Ke depan, Pemkot Balikpapan mesti ikut memikirkan nasib Persiba agar punya lokasi latihan sendiri. “Jadi, setiap musim tidak perlu lagi pemusatan latihan ke luar kota,” katanya.

Beberapa musim terakhir, Persiba memang terpaksa menjalani pemusatan latihan di luar kota lantaran terkendala lapangan berlatih. Musim lalu, selama dua pekan skuat Persiba juga harus boyongan ke Jogjakarta untuk persiapan tim. (*/hul/is/k15)