Kalteng Putra Bakal Mengejutkan di Kompetisi Liga 1 2019

Kalteng Putra memang muka baru di kasta tertinggi sepak bola tanah air. Namun, tim asuhan Gomes de Oliveira itu diyakini bakal mengejutkan di Liga 1 2019. Maklum saja, embrio sudah muncul. Patrich Wanggai cs meraih hasil gemilang pada turnamen pramusim Piala Presiden 2019.

Tak diunggulkan dan berada di grup yang berat, Laskar Isen Mulang – julukan Kalteng Putra, justru melaju ke perempat final. Mereka menyingkirkan tiga tim elite di kancah sepak bola tanah air yakni Persipura Jayapura, PSM Makassar, dan PSIS Semarang.

Perlu diketahui, Persipura, PSM, dan PSIS pernah juara di era Liga Indonesia. Sementara itu, Kalteng Putra berstatus tim promosi pada musim ini setelah meraih peringkat ketiga Liga 2 2018. Namun, mereka mampu menjadi yang terbaik di Grup C.

“Lolos ke babak berikutnya sangat istimewa bagi kami. Kami di awal membangun tim baru. Saat ini para pemain tahu berjuang bersama-sama dalam latihan dan pertandingan,” beber Gomes seperti dilansir laman resmi PSSI.

Di klasemen akhir Grup C, poin Kalteng Putra sama dengan Persipura dan PSM yakni 6. Namun, mereka memiliki selisih gol yang lebih baik sehingga berhak atas pemuncak klasemen dan melaju ke perempat final. Dalam perjalanan, Kalteng Putra mampu mengalahkan PSM dan Persipura. Mereka hanya kalah dari PSIS.

Kalteng Putra memang berbenah untuk menyambut musim 2019. Sejumlah pemain berkualitas mereka datangkan. Beberapa pemain anyar yang masuk adalah Ferinando Pahabol, Elthon Maran, Antoni Nugroho, I Gede Sukadana, Maldini Pali, Pandi Lestaluhu, OK John, dan Patrich Wanggai. Sementara legiun asing yang digaet adalah Rafael Bonfim, Diogo Campos, dan Yoo Hyun-koo.