Peserta Piala Menpora 2019 Respon Positif Penggunaan VAR

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi resmi membuka Liga Sepak Bola Berjenjang Piala Menpora 2019 di Lapangan UPI, Kota Bandung, Jumat (16/03/2019) sore. 

Terdapat lima kategori yang dipertandingkan pada Piala Menpora 2019 ini, di antaranya adalah U-12, U-14, U-16, U-17 (putri), dan U-21 (mahasiswa).

Pertandingan akan dimulai dari seri kabupaten dan kota yang akan berlangsung dari hari ini sampai Juni 2019.

Pada Piala Menpora 2019 kali ini menggunakan teknologi Video Assistant Referee (VAR), teknologi VAR ini menjadi yang pertama secara nasional, setelah sebelumnya digunakan di liga sepak bola amatir Bandung Premier League (BPL). 

Deputi Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta mengatakan, VAR sudah digunakan pada pertandingan pembuka. Para peserta dari berbagai daerah di Indonesia menurutnya, sangat merespon positif penggunaan VAR. 

“Ini sesuai arahan Menteri menggunakan VAR dan kami sudah uji cobakan tadi pagi dan pertandingan berikutnya. Semalam sudah dilakuka sosialisasi melibatkan (peserta) 34 provinsi dan merespon positif menggunakan alat tersebut,” kata Raden Isnanta dalam sambutannya. 

Sebagai informasi, Piala Menpora 2019 diikuti oleh ribuan peserta dari berbagai daerah di Indonesia, dan Pemenang seri kabupaten atau kota berhak masuk pada fase regional. 

Sedangkan, pada seri nasional akan berlangsung di berbagai daerah. Di antaranya U-12 di Palembang, U-14 di Solo, U-16 Tangerang, U-17 (putri) Bandung, dan U-21 (mahasiswa) di Jogjakarta.