Saat Persija Bungkam PSS, Penonton Pecahkan Rekor Piala Presiden 2019

Laga PSS Sleman versus Persija baru saja berakhir. Pertandingan pamungkas fase Grup D Piala Presiden 2019 itu untuk sementara berhasil memecahkan rekor jumlah penonton terbanyak.

Laga PSS Sleman kontra Persija yang digelar di Stadion Maguwoharjo, Kabupaten Sleman pada Jumat (15/3/2019) malam itu tercatat disaksikan oleh 29.150 pasang mata.

Jumlah tersebut mengungguli rekor sebelumnya yang tercipta pada laga Persela Lamongan kontra Arema FC pada Sabtu (9/3/2019).

Pertandingan yang terlaksana di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang itu dihadiri oleh 28.311 penonton.

Partai PSS Sleman kontra Persija Jakarta berakhir dengan skor 0-2 untuk kemenangan skuat Macan Kemayoran.

Dilansir BolaSport.com dari laman resmi PSSI, stadion yang terletak di Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman itu hampir penuh seluruhnya.

Panitia pelaksana (panpel) pertandingan kabarnya telah mencetak 32 ribu lembar tiket dari total kapasitas stadion yang mampu menampung 40 ribu penonton.

Sehari sebelum laga atau Kamis (14/3/2019), tiket sudah terjual hingga 30 ribu lembar.

Sementara itu, sisanya dijual di loket-loket yang ada di stadion pada hari pertandingan.

Meski penuturan panpel dan pengumuman yang disiarkan pada menit ke-75 pertandingan sedikit berbeda, tetapi hal itu tak mengurangi kenyataan bahwa laga mampu menyedot animo massa.

Dari pantauan BolaSport.com di lapangan, hampir tak ada ruang tersisa di tiap sudut stadion.

Salah satu kelompok terbesar suporter PSS, Brigata Curva Sud (BCS), menyemut di tribune selatan.

Sedang tribune timur dan hampir sebagian tribune utara dipadati oleh massa suporter berseragam merah-oranye khas suporter Persija, The Jak Mania.

Brigata Curva Sud (BCS) kembali memadati sisi selatan Stadion Maguwoharjo saat laga PSS Slemam vs Borneo FC di Grup D Piala Presiden 2019
Pemasukan dari hasil penjualan tiket pertandingan ini juga menunjukkan angka yang fantastis.

Melalui pelantang di stadion, match commisioner menyiarkan bahwa tak kurang dari Rp 1.205.000.000 masuk ke kantong panpel.

Tingginya angka penjualan tiket pertandingan PSS vs Jakarta mendapatkan sambutan positif dari steering committee (SC) Piala Presiden 2019.

Pihak SC berharap momentum tersebut bisa menjadi pembelajaran positif bagi sepak bola nasional.

“Suporter harus memberikan apresiasi yang positif bagi klubnya, baik itu ketika menang atau kalah,” ucap Brigjen Pol Lotharia Latif, salah anggota steering committee Piala Presiden 2019, kutip BolaSport.com dari PSSI.org.

“Dengan demikian, akan terjadi hubungan yang baik antarkelompok suporter. Kami harus jaga atensi ini agar penonton bisa menikmati pertandingan dengan nyaman dan aman.”

Kemungkinan besar rekor jumlah penonton terbanyak masih dapat terpecahkan.

Sebab di babak 8 besar, masih terdapat tim-tim dengan jumlah massa pendukung yang cukup besar.

Selain Persija dengan The Jak-nya, ada pula Persebaya Surabaya yang didukung oleh suporter fanatik dan militan, Bonek.

Arema FC yang didukung oleh Aremania juga masih memiliki kemungkinan tampil pada perempat final, tergantung dengan laga terakhir di Grup C yang akan dimainkan pada Sabtu (16/3/2019).

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*