Kemenangan Atas Lao Toyota Jadi yang Pertama Bagi PSM Sejak 14 Tahun Empat Hari

PSM sukses mempermalukan wakil Laos, Lao Toyota FC, dalam babak penyisihan Grup H Piala AFC 2019 di Stadion Pakansari, Cibinong, Rabu, 13 Maret 2019. Tak tanggung-tanggung, Wiljan Pluim dkk. mampu menceploskan tujuh gol ke gawanng Outthilath Nammakhoth dkk.

Ketujuh gol PSM itu dipersembahkan oleh Eero Markkanen (2 gol), Pluim (2), Marc Klok, Zulham Zamrun, dan Ferdinand Sinaga (1). Di laga kedua Grup H tersebut, PSM akhirnya menutup pertandingan dengan skor 7-3.

Selain menjadi skor terbesar di fase grup Piala AFC 2019 per-13 Maret 2019, ada keistimewaan lain dari kemenangan itu.

Kemenangan atas Lao Toyota adalah yang pertama bagi mereka di pentas Asia setelah 14 tahun empat hari. Raihan tiga poin terakhir mereka terjadi dalam babak penyisihan Grup F Champions Asia 2005.

Kala itu, PSM sukses mengalahkan wakil Thailand, BEC Tero dengan skor tipis 1-0 pada laga perdana (9/5/2005). Kemenangan tersebut menjadi satu-satunya dalam enam laga di Grup F.

Sementara lima laga lainnya berakhir dengan sekali hasil imbang dan empat kali menelan kekalahan. Hasil minor itu akhirnya membuat PSM gagal melaju ke babak lanjutan dan mempersilakan Shandong Luneng sebagai wakil Grup F.

Kemenangan atas Lao pun menjadi perbaikan hasil yang diraih PSM dari laga sebelumnya, imbang 1-1 atas Home United di Stadion Jalan Besar, Singapura (27/2/2019).