Prediksi PSM Vs Lao Toyota: Juku Eja Memburu Kemenangan Perdana

Pelatih PSM Makassar, Darije Kalezic, berjanji akan membuat suporter Juku Eja bahagia. Caranya, Juku Eja akan tampil menekan untuk menekuk Lao Toyota (Laos) pada laga kedua Grup H Piala AFC 2019 di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Rabu (13/3/2019).

“Kami akan memberi respek ke suporter dengan kemenangan. Memang akan lebih baik kalau PSM melakukannya di Makassar. Tapi, saya yakin dengan tiga poin, suporter kami akan bahagia,” kata Darije.

Bagi PSM, tiga poin atas Lao bukan hanya membuka peluang memimpin klasemen Grup H, tetapi juga sekaligus memupus catatan tanpa kemenangan pada tiga laga terakhir.

PSM hanya mampu meraih hasil imbang kontra Home United di Piala AFC 2019 serta dua kali kalah dengan skor sama (0-1) dari Kalteng Putera dan Persipura Jayapura di Piala Presiden 2019.

Menurut Darije, ia sudah mempelajari rekaman pertandingan Lao kontra Kaya FC (Filipina). “Mereka bermain kompak dengan serangan balik yang cepat. Kami akan menghadapi mereka dengan cara PSM,” ungkap Darije.

Menghadapi Lao, pemain starter PSM dalam kondisi bugar setelah sengaja disimpan ketika meladeni Persipura pada laga kedua Grup C Piala Presiden 2019 (10/3/2019). Termasuk Wiljan Pluim dan Eero Markkanen, dua sosok yang sangat dibutuhkan perannya oleh PSM untuk meraih tiga poin atas Lao.

Pluim bakal ditopang Marc Klok dan M. Arfan sebagai penyeimbang tim. Sementara Markkanen diharapkan kembali mencetak gol seperti yang dilakukannya ketika PSM menahan 1-1 tuan rumah Home United pada laga perdana di Stadion Jalan Besar, Singapura (27/2/2019).

Sementara di lini depan, Markkanen didampingi dua penyerang sayap, Zulham Zamrun dan Bayu Gatra. Kalau Bayu kurang bugar, masih ada Saldy Amiruddin dan Guy Junior yang siap tampil.

Sementara di lini belakang, duet stoper, Abdul Rahman dan Aaron Evans kembali jadi tumpuan sekaligus tembok tangguh buat kiper Rivki Mokodompit.

Sementara itu, pelatih Lao Toyota, Jun Fukuda, mengaku sudah tahu kekuatan PSM. “PSM memiliki empat pemain asing. Dua di antaranya baru bergabung dengan tim awal musim ini,” kata Fukuda.

Di mata Fukuda, sosok Pluim adalah roh PSM. “Kami harus mewaspadai aksi kapten PSM (Wiljan Pluim). Dia akan menyulitkan kami bila tidak mewaspasainya,” ujar Fukuda.

Fukuda menegaskan tim asuhannya tidak mendapat keuntungan dari kondisi PSM yang menjamu mereka di luar Makassar. “Lagipula saya yakin suporter PSM akan datang ke stadion dan kami sudah mempersiapkan diri menghadapinya,” tegas Fukuda.

Lao sudah berada di Bogor sejak Minggu (10/3/2019). Sementara PSM baru tiba sehari kemudian setelah melakoni laga kedua Piala Presidenm 2019. Itulah mengapa kapten Lao, Kazou Homma, yakin klubnya bisa memetik poin di Stadion Pakansari.

“Seluruh pemain sangat antuasias menanti laga ini. Kami juga sudah mempersiapkan diri untuk meraih poin di Bogor,” ucap Homma.

Prakiraan Susunan Pemain
PSM Makassar (4-3-3): Rivki Mokodompit (K): Beny Wahyudi, Abdul Rahman, Aaron Evans, Taufik Hidayat (B); Wiljan Pluim, Marc Klok, M. Arfan (T); Zulham Zamrun, Eero Markkanen, Bayu Gatra (D)

Pelatih: Darije Kalezic

Lao Toyota (4-5-1): Outthilath Nammakoth (K); Ketsada Souksavanh, Saychon Khunsumnarn, Victor Amaro, Konekham Inthammavong (B); Soma Otani, Phoutdavy Phommasane, Manolom Phetphakdy, Rafinha, Sayfa Aphideth (T); Kazuo Homma (D)

Pelatih: Jun Fukuda