Takluk dari Persipura, Nasib PSM di Ujung Tanduk

PSM Makassar terancam tersingkir dari Piala Presiden 2019. Melawan Persipura Jayapura pada partai kedua Grup C di Stadion Moch. Soebroto, Magelang, Minggu (11/3/2019), tim Juku Eja kalah 0-1.

Peluang pertama diciptakan Persipura. Sayang, sundulan Boaz Solossa pada menit ke-6 masih mampu ditepis oleh kiper PSM, Hilman Syah.

Boaz kembali mendapatkan kesempatan untuk mencetak gol pembuka bagi timnya pada menit ke-12. Lagi-lagi, Hilman Syah berhasil menangkap tendangan pemain berusia 32 tahun itu.

Kali ini, gantian kiper Persipura, Panggih Rio yang menunjukkan aksinya. Sepakan keras penyerang PSM, Guy Junior via tendangan bebas pada menit ke-40 masih dapat dihalaunya dengan baik.

Persipura kembali mendapatkan peluang dalam periode sepuluh menit antara menit ke-50 sampai 60. Masing-masing via Boaz dan Titus Bonai. Tapi, tendangan keras keduanya sukses diredam oleh Hilman Syah.

Tim Mutiara Hitam harus bermain dengan sepuluh orang setelah Oh In-kyun diusir wasit pada menit ke-83. Meski begitu, Persipura malah berhasil membuka skor selang lima menit kemudian.

Berawal dari tendangan penjuru, Boaz mampu memanfaatkan kemelut di depan gawang dengan sontekan manisnya di menit ke-88. Hilman Syah yang kadung mati kutu gagal membendung sepakan tersebut.

Skor 1-0 untuk kemenangan Persipura berakhir hingga pertandingan selesai. Kekalahan ini membuat PSM terancam tersingkir dari Piala Presiden 2019 setelah nihil poin dari dua pertandingan.

PSM saat ini berada di peringkat ke-3 Grup C dengan nol poin dan minus 2 gol secara produktivitas gol. Persipura makin nyaman di puncak setelah melibas dua pertandingan dengan kemenangan.

Susunan Pemain
Persipura Jayapura (4-3-3): Panggih Rio (kiper); Muhammad Tahir, Andre Ribeiro, Yohanis Tjoe, Valentino Telaubun (belakang); Imanuel Wanggai, I Nyonam Ansanay, Oh In Kyun (tengah); Boaz Solossa, Walacer de Andrade, Titus Bonai (depan).

Pelatih: Luciano Leandro.

PSM Makassar (4-2-3-1): Hilam Syah (kiper); Hendra Wijaya, Munhar, Muhammad Rizky, Reva Adi Utama (belakang); Rasyid Bakrie, Takwir (tengah); Saldi, Muhammad Arfan, Bayu Gatra (tengah); Guy Junior (depan).

Pelatih: Darije Kalezic