Voters Jagokan Komjen M. Iriawan Jadi Ketum PSSI

Seorang karyawan melintasi tulisan PSSI di Kantor PSSI Senayan, Jakarta, Jumat (26/2). Menpora akan melaporkan hasil kajian pencabutan sanksi PSSI kepada Presiden Jokowi pada senin mendatang. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/nz/16

Sejumlah voters PSSI, yang terdiri dari Asosiasi Provinsi (Asprov), Komite Eksekutif (Exco), dan klub sepak bola menyebut nama Komisaris Jenderal Mochamad Iriawan sebagai calon kuat Ketua Umum (Ketum) PSSI yang akan menggantikan Joko Driyono.

M. Iriawan, atau lebih akrab disapa Iwan Bule, saat ini menjabat Sekretaris Utama (Sestama) Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas). Iwan, yang mantan Kapolda Jawa Barat, juga menjadi Pembina Persib Bandung sejak 2009.

“Beliau sangat cocok memimpin PSSI. Selain tegas, Iwan juga dikenal bersih, berintegritas, dan profesional. PSSI membutuhkan sosok yang tegas dan bersih itu,” ujar Ketua Asprov PSSI DKI Jakarta, Uden Kusumawijaya, Senin (4/3/2019).

Hal senada disampaikan Ketua Asprov PSSI Jawa Barat Tommy Apriantono, anggota Komite Eksekutif PSSI Yunus Nusi, dan Manajer Persib Bandung Umuh Muchtar yang dihubungi terpisah.

Tommy mendukung Iwan Bule untuk maju dalam bursa pencalonan Ketum PSSI. Ia menilai Iwan bisa membawa perubahan bagi persepakbolaan di Indonesia. “Pak Iwan sebagai calon dari Jabar,” ungkap Tommy.

Anggota Exco PSSI, Yunus Nusi pun setali tiga uang. Sepeninggal Edy Rahmayadi yang mengundurkan diri dari jabatan Ketum PSSI dalam Kongres PSSI di Bali, 20 Januari 2019, PSSI membutuhkan sosok yang tegas, bersih, berintegritas dan profesional. “Apalagi Pak Iwan punya cukup banyak waktu,” kata Yunus.

Sementara itu, Umuh mengaku akan mengajukan Iwan Bule sebagai calon ketua umum PSSI dalma Kongres Luar Biasa (KLB) yang sudah diputuskan secara bulat oleh Komite Eksekutif akan untuk digelar dalam waktu dekat, usai penetapan Pelaksana Tugas (Plt) Ketum PSSI Joko Driyono sebagai tersangka match fixing (mafia pengaturan skor pertandingan).

“PSSI membutuhkan sosok berani seperti Maung (harimau) untuk membersihkan PSSI, dan karakter itu ada pada diri Pak Iwan,” ujar Umuh.

Umuh menambahkan, dia sudah benar-benar mengetahui karakter dan jiwa kepemimpinan atau leadership Iwan Bule, karena selain pernah menjadi Kapolda Jabar, Iwan juga menjadi Pembina Persib sejak 2009, serta Penjabat Gubernur Jabar selama proses Pilkada Jabar 2018.

“Kami yakin Pak Iwan akan mampu membawa PSSI ke arah yang lebih baik, terutama menciptakan prestasi sepak bola di percaturan internasional. Leadership dan integritas beliau sudah teruji,” tambahnya.

Mochamad Iriawan lahir di Jakarta, 31 Maret 1962, adalah lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1984. Iwan pernah menjabat Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan Polri.