Umuh Hingga Asprov Jakarta Usulkan Pembina Persib Jadi Ketua Umum PSSI

Sejumlah nama muncul ke permukaan sebagai bakal calon ketua umum Induk Sepak Bola Indonesia, PSSI, seiring dipastikannya Kongres Luar Biasa (KLB) akan digelar.

Salah satu nama yang banyak mendapatkan dukungan dari pemegang hak suara di PSSI adalah Pembina Persib Bandung sejak tahun 2009, Komjen. Pol. Drs. Mochamad Triawan.

Pria 56 tahun yang saat ini menjabat Sekretaris Utama (Sestama) Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) itu mendapatkan dukungan satu di antaranya dari Ketua Asosiasi Provinsi (Asprov) DKI Jakarta, Uden Kusumawijaya.

Uden menilai Iriawan atau yang akrab disapa Iwan Bule itu cocok menjadi Ketua Umum PSSI karena memiliki integritas, ketegasan dan juga rekam jejak yang bersih. Sebuah hal yang sangat dibutuhkan di PSSI sata ini.

“Sangat cocok memimpin PSSI,” kata Uden Kusumawijaya di Jakarta, Senin (04/03/19), dikutip dari Kompas.

“PSSI membutuhkan sosok yang tegas dan bersih,” tambah Uden.

Dukungan agar Iriawan maju sebagai Ketua Umum PSSI juga datang dari Ketua Asprov PSSI Jawa Barat Tommy Apriantono, anggota Komite Eksekutif PSSI Yunus Nusi, dan juga Manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar.

Umuh Muchtar bahkan mengaku sudah pasti akan mengajukan nama Iriawan sebagai calon Ketum PSSI dalam Kongres Luar Biasa (KLB) nantinya.

Kedekatan Umuh dengan Iriawan membuatnya tahu betul bahwa pria yang juga pernah menjabat sebagai Plt. Gubernur Jawa Barat itu punya kapabilitas yang dibutuhkan PSSI saat ini.

“PSSI membutuhkan sosok berani seperti Maung (harimau) untuk membersihkan PSSI, dan karakter itu ada pada diri Pak Iwan,” kata Umuh.